• 8 September 2024

Cara Mudah Menanam Lidah Buaya Penghasil Cuan

"Mudahnya merawat tanaman lidah buaya memberikan keuntungan tersendiri bagi Sahabat Tani yang menggeluti budidaya tanaman Aloe Vera ini. Namun unsur yang harus diperhatikan adalah langkah Awal dari menanam lidah buaya."

Jagadtani - Permintaan pasar yang masih cukup tinggi, membuat budidaya tanaman Lidah Buaya memberikan keuntungan tersendiri. Nilai ekonomis dari pelepah atau daun hingga bibitnya, membuat penamanan jadi bagian terpenting yang harus diperhatikan.

Seperti halnya tanaman yang membutuhkan kesuburan tanah, maka diwajibkan pemupukan harus dilakukan. Pupuk yang disarankan adalah kotoran hewan (kohe).

"Langkah awal dengan membuat lubang pada tanah berukuran 25 cm x 25 cm sedalam 30 cm. Ukuran ini agar lebih banyak pupuk kohe pada setiap lubang tanam. Jadi pupuk menjadi bagian terpenting agar lidah buaya bisa hidup dengan subur." Ungkap Irwanto pemilik Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren - Bogor.

Irwanto pemilik Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren "Irwanto pemilik Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren "

Untuk jarak ideal antar tanaman berkisar satu meter, tetapi juga ada yang menerapkan 80 cm. "Pada kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren, saya menerapkan jarak tanam  Hal ini bertujuan agar pelepah lidah buaya tidak saling menyentuh sehingga pertumbuhan lebih maksimal." Lanjut Irwanto yang telah menekuni budidaya Lidah Buaya sejak 12 tahun lalu.

Setelah membuat lubang tanam, Sahabat Tani dapat memberikan pupuk berupa kotoran hewan yang dilanjutkan tanah agar akar lidah buaya tidak langsung bertemu dengan pupuk. "Bila musim hujan, maka tidak perlu disiram. Sedangkan pada musim kemarau maka kebutuhan air harus diperhatikan."

Cara menanam lidah buaya "Cara menanam lidah buaya "

Tanaman Lidah Buaya yang dapat bertahan hingga tiga puluh tahun, juga memberikan keuntungan tersendiri bagi petani. Dengan perawatan yang rutin melalui pemberian pupuk hingga menjaga asuman air maka dapat dimaksimalkan pertumbuhannya.

"Dengan menjaga pertumbuhan melalui perawatan yang rutin, hingga memangkas bagian bawah yang kemudian ditanam kembali maka tanaman Lidah Buaya bisa berusia panjang." Ujar Irwanto.

Di Kebun Lidah Buaya Herbavera X Suren yang berlokasi di daerah Desa Kali Suren, Tajurhalang kabupaten Bogor, selain menyediakan pelepah, juga menyediakan bibit lidah buaya unggulan. Bahkan kualitas pelepah lidah buaya telah berhasil menembus pasar modern atau swalayan. 

Tanaman Lidah Buaya yang harus mengalami peremajaan"Tanaman Lidah Buaya yang harus mengalami peremajaan"

"Pelepah lidah buaya biasa saya panen setiap bulannya dengan memangkas dua dahan paling bawah. Keunggulan disini dapat mencapai bobot seberat 1,2 kilogram untuk setiap pelepahnya. Ukuran yang besar dengan kondisi pelepah mulus membuat nilai jualnya cukup bagus dan masuk kriteria ke swalayan atau pasar modern." Pungkas Irwanto.

Bagaimana, Sahabat Tani tertarik untuk memulai budidaya Lidah Buaya seperti Irwanto yang telah sukses menghasilkan cuan tiga puluh juta setiap bulannya dari budidaya Lidah Buaya.

Related News