• 8 September 2024

Anak Petani Aceh, Siap Berlaga Di Olimpiade 2024

uploads/news/2024/07/anak-petani-aceh-siap-848708a5daf59d0.jpg

"Meraih prestasi skala Internasional dapat dilakukan siapa pun juga, termasuk anak petani dari Aceh yang akan berupaya mengharumkan nama Indonesia dalam ajang Olimpiade mendatang di Paris.

 

Jagadtani - Nurul Akmal atau yang akrab disapa Amel, merupakan seorang atlet angkat besi putri asal Aceh yang siap berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade 2024 Paris.

Amel berasal dari Desa Serba Jaman Tunong, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, dan memiliki latar belakang sebagai anak petani.

Menurut beberapa sumber, orang tua Amel adalah seorang petani dan juga memiliki peternakan sapi.

Perempuan kelahiran 1993 ini merupakan anak kedua dari empat bersaudara, putri pasangan Hasballah dan Nurmala Ishak.

Hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Amel sebagai anak petani Aceh. Ia membuktikan bahwa anak petani bisa berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia.

Kisah Amel sebagai atlet angkat besi begitu menginspirasi. Ia mengatakan bahwa ketika sedang membantu orang tua bertani, Amel tidak sengaja bertemu dengan perwakilan Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) dari Banda Aceh.

Melihat potensi dalam diri Amel, perwakilan PABSI tersebut lantas menghampiri Amel kemudian berdiskusi untuk memproyeksikannya sebagi atlet angkat besi.

Dari situlah awal mula Amel terjun ke dunia olahraga angkat besi, ia mulai menekuni olahraga tersebut pada 2010 saat masih kelas 1 SMA.

Sebelumnya, Amel tidak pernah terpikirkan untuk menjadi atlet angkat besi, karena dulu ia justru bercita-cita ingin menjadi polwan.

Sederet prestasi telah diukir Amel sebagai atlet angkat besi, mulai dari kancah nasional hingga internasional. 

Sebagai informasi, Olimpiade 2024 Paris akan diselenggarakan di Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

Indonesia mengirimkan perwakilan atlet angkat besi sebanyak tiga orang, nama-nama tersebut yakni Nurul Akmal, Eko Yuli Irawan, dan Rizki Juniansyah.

Related News