• 22 October 2024

Khasiat Tanaman Dan Bunga Turi Bagi Kesehatan Tubuh

"Bagi penikmat pecel, bunga Turi kerap ditemui sebagai tambahan dalam sajian makanan khas Jawa Timur ini. Selain bunga Turi, bagian lainnya dari tanaman tersebut juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh."

 

Jagadtani - Tanaman Turi (Sesbania grandiflora), memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Masuk dalam kategori pohon kecil anggota suku Fabaceae, diduga berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Namun kini telah tumbuh subur ke berbagai daerah tropis dunia.

Dengan dapat tumbuh dari 5 - 12 meter, tanaman Turi juga tergolong pohon berkayu lunak dengan usia relatif pendek. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Daun, buah dan bunga Turi 

Bunga Turi dan buah (polong) telah biasa dimanfaatkan untuk sayuran atau lalapan. Biasanya banyak digunakan sebagai tambahan pada masakan pecel oleh masyarakat Jawa Timur. 

Untuk daun Turi, terkadang menimbulkan aroma kurang sedap dan berlendiri setelah dikukus. Namun bagi ibu menyusui, khasiat daun Turi yang dilalap agar meningkatkan produksi ASI.

Khasiat bunga Turi "Khasiat bunga Turi "

Hal yang harus diperhatikan dalam mengolah daun, bunga dan buah adalah waktu perebusan atau kukus. Seluruh bahan tersebut harus dimasak sampai matang sempurna agar menghilangkan bulunya agar tidak menimbulkan gatal pada tenggorokan.

Daun Turi juga dapat dijadikan obat luar untuk menghilangkan bengkak atau memar. "Daun Turi dan kunyit yang ditumbuk jadi satu, kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang memar. Biasanya akan meredakan bengkak maupun memar pada tubuh. Ramuan ini telah digunakan leluhur di daerah Bima - NTB." Ujar Abdullah pada tim Jagadtani.

Khasiat Tanaman Turi "Khasiat Tanaman Turi "

Dari bagian biji tumbuhan ini mengandung 70% protein, dan daunnya mengandung saponin yang tidak berbahaya. Bagian bunganya mengandung konten gula variabel dan sumber vitamin B. Seluruh bagian tumbuhan ini dilaporkan dapat menyembuhkan rabun senja dengan mengandung vitamin A.

 Kulit kayu dan akar tanaman Turi

Kulit kayu Turi juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh dengan cara meremas dan dicampurkan air atau sekedar direbus. Khasiat yang diperoleh dapat menyembuhkan sariawan maupun disentri hingga mengatasi muntah berlebihan.

Khasiat Tanaman Turi bagi kesehatan tubuh "Khasiat Tanaman Turi bagi kesehatan tubuh "

Begitu pula dengan bagian akar turi yang mengandung bahan-bahan aktif bersifat anti-tuberkulosis terhadap bakteria Mycobacterium tuberculosis. Bahan-bahan itu di antaranya adalah asam betulinat dan tiga macam isoflavanoid.

Kulit kayu pohon Turi juga dapat dijadikan bahan dasar tambahan kosmetik.

Khasiat Tanaman Turi bagi kesehatan tubuh 

Berbagai penyakit dapat direda dengan penggunaan yang konsisten dan terukur. Berbagai manfaat tanaman Turi dapat menyembuhkan penyakit, seperti Diabetes, Diare atau disentri, sariawan, obat jerawat, menyembuhkan luka, menurunkan tekanan darah, kesehatan jantung dan mengurangi resiko terkena kanker. 

 

Related News