• 17 September 2024

Arwana Super Red Lokal Andalan Amerta Aquatics

"Ikan Arwana masih dianggap menjadi kasta tertinggi bagi penghobi ikan hias. Pada ikan Arwana, sebenarnya juga masih terbagi yang menyesuaikan asal daerah dan jenis sehingga nilai ekonomis sangat berpengaruh."

Jagadtani - Mengandalkan ikan Arwana lokal atau asli Indonesia, Amerta Aquatics telah berhasil memenuhi permintaan penghobi ikan Arwana dari berbagai belahan dunia. Keunggulan yang diminati penghobi karena hasil seleksi sang pemiliknya.

Ikan Arwana jenis Super Red yang berasal dari Kalimantan menjadi andalan Senjo Iyang sebagai pemilik Amerta Aquatics. Menurut Senjo, ikan Arwana yang terbaik berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terlebih Arwana Super Red.

Ikan Arwana Super Red di Amerta Aquatic "Ikan Arwana Super Red di Amerta Aquatics "

 "Ikan Arwana Super Red dari Kalimantan telah terkenal di manca negara. Memang sebagian bukan berasal dari sana, karena telah banyak peternak yang berhasil menghasilkan ikan Arwana Super Red berkualitas. Untuk ikan yang ada di sini merupakan hasil dari seleksi." Ucap Senjo Iyang pada tim Jagadtani.

Selain tersedia berbagai jenis ikan Arwana asal Indonesia, Amerta Aquatics juga terdapat ikan Arwana asal Malaysia. "Kita juga ada Arwana jenis Malaysia Golden Blue Base atau 24K. Tetapi walau dari Malaysia, di daerah Riau juga ada farm penghasil jenis tersebut."

Senjo Iyang pemilik Amerta Aquatic di Depok"Senjo Iyang pemilik Amerta Aquatics di Depok"

Dengan menjaga kualitas ikan Arwana di Amerta Aquatics, Senjo Iyang telah berhasil mengekspor ke berbagai negara di luar negeri. Berbagai negara - negara yang biasa di ekspor oleh Amerta Aquatics, seperti Rusia, Jepang hingga China.

Untuk saat ini, Senjo Iyang mengakui pasar ikan hias khususnya Arwana sedang kurang bergairah. Hal ini disebabkan beberapa negara yang biasa memesan sedang mengalami krisis. "Mungkin karena sedang mengalami krisis, seperti Rusia yang biasanya banyak penghobi ikan hias menginginkan ikan Arwana mulai menurun."

Ikan Arwana Super Red di Amerta Aquatic "Ikan Arwana Super Red di Amerta Aquatics"

Dalam mengirimkan ikan Arwana ke luar negeri, Senjo Iyang telah menyesuaikan ketentuan yang berlaku. Hal ini dilakukan mengingat bahwa ikan Arwana termasuk hewan endemik Indonesia. "Sebelumnya harus memiliki izin badan usaha untuk dapat menjual ikan Arwana, kemudian harus melakukan pengurusan surat melalui pihak BKSDA, namun kini berhubungan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Setelah semua surat terpenuhi, Sahabat Tani dapat menjalankan bisnis dengan tenang."

Amerta Aquatic berada di Depok"Amerta Aquatics berada di Depok"

Untuk harga ikan Arwana di Amerta Aquatics, dimulai dari Rp1,5 juta (15cm) hingga puluhan juta. Harga tersebut sangat tergantung pada jenis hingga ukuran ikan Arwana.

 

 

Related News