• 22 October 2024

Vaksin Penentu Kesehatan Hewan Ternak Domba

"Kesehatan hewan ternak menjadi fokus para peternak demi mendapatkan hasil unggulan hingga panen. Untuk itu, vaksin maupun vitamin wajib dilakukan demi menjaga kesehatan hewan, termasuk domba maupun kambing."

 

Jagadtani - Hewan ternak membutuhkan perhatian khusus dalam menunjang kesehatan. Selain memberikan perhatian dalam bentuk pakan, hewan ternak membutuhkan vaksin agar dapat dipastikan kesehatan. Termasuk pada domba yang membutuhkan pemberian vaksin.

Untuk hewan ternak, khususnya domba membutuhkan vaksin meliputi vaksin Antraks, vaksin PMK hingga obat cacing. Pemberian vaksin ini langsung dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan dipastikan tidak ada biaya.

Pemberian vaksin ini seperti yang dilakukan Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Bogor para peternakan Bagja Ngukut Domba yang berada di Cibinong - Kabupaten Bogor.

 

Domba di kandang Bagja Ngukut Domba "Domba di kandang Bagja Ngukut Domba "

Menurut Salman Asidiqi - Pemilik peternakan Bagja Ngukut Domba, vaksin selalu diberikan pada seluruh domba miliknya. "Sejak awal, seluruh domba yang memenuhi syarat telah diberikan vaksin. Melalui vaksin dapat membuat seluruh domba menjadi lebih sehat dan kuat terhadap beragam penyakit."

Untuk syarat domba yang bisa mendapatkan vaksin, harus telah berusia lebih dari tiga bulan dan tidak sedang mengandung maupun menyusui. 

Pemberian vaksin PMK oleh Drh Retnowati dari Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Bogor "Pemberian vaksin PMK oleh Drh Retnowati dari Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Bogor "

Hal ini disampaikan oleh Drh Retnowati dari Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Bogor. Beliau mengatakan bahwa pemberian vaksin sangat penting bagi kesehatan hewan ternak, termasuk domba. 

Untuk pemberian vaksin PMK di peternakan Bagja Ngukut Domba telah diberikan vaksin PMK sebanyak tiga kali. "Untuk pemberian vaksin PMK harus dilakukan secara berurutan, vaksin pertama dilanjutkan vaksin kedua pada bulan selanjutnya. Untuk vaksin ketiga setelah enam bulan dari vaksin ketiga dan dilanjutkan enam bulan lagi. Pemberian harus rutin dilakukan agar terhindar dari PMK.' ungkap Drh Retnowati pada tim Jagadtani.

Dengan pemberian vaksin ini, Salman Asidiqi merasakan kesehatan domba miliknya makin terjaga. Bahkan ketika PMK menyerang, Salman merasa berhasil lolos dengan pemberian vaksin dari pihak dinas.

Vaksin PMK untuk domba"Vaksin PMK untuk domba"

Untuk peternak yang ingin mendapatkan vaksin, menurut Drh Retnowati dapat menghubungi dinas terkait, yakni Puskewan terdekat. "Selain menghubungi Puskewan terdekat dengan kandang ternak, peternak juga dapat meminta bantuan dari pihak kelurahan sesuai lokasi kandang sehingga dapat dibantu oleh dinas terkait." Pungkasnya.

 

Related News