• 20 September 2024

Tiga Hal Penting Dalam Menanam Anggur Impor

"Karakter tanaman anggur membutuhkan perhatian khusus. Tanpa memahami karakternya, dapat menghambat pertumbuhan hingga berujung kematian."

Jagadtani - Bagi Sahabat Tani yang telah terbiasa menanam Anggur, pasti telah memahami tentang karakter tanaman tersebut. Tanpa pemahaman yang tepat atau asal tanam, pasti pertumbuhan anggur akan terhambat.

Mengingat tanaman anggur bukan berasal dari Indonesia sehingga membutuhkan pemahaman karakter tentang tanaman tersebut. 

Pada dasarnya, tanaman anggur membutuhkan tigal hal yang tidak dapat dilupakan. Untuk lebih jelasnya, tim Jagadtani bertandang langsung ke Muanam - Gaizh Grape garden.

Media tanam anggur

Sejak melakukan penanaman, media tanam yang digunakan harus bersifat koros. Sebisa mungkin menghindari penggunaan tanah karena seiring waktu akan memadati. 

Menurut Muanam, karakter akar tanaman anggur memudahkan dalam mengetahui kebutuhan atau apa yang harus dilakukan. "Akar tanaman anggur karakternya serabut sehingga membutuhkan media tanam yang tepat. Jika tidak diikuti, selain menghambat pertumbuhan maka berujung kerusakan hingga tidak dapat hidup."

Kohe kambing bagian dari media tanam anggur"Kohe kambing bagian dari media tanam anggur"

Dengan akar serabut, maka media tanam semakin koros dan gembur dapat meningkatkan pertumbuhan akar. Bila akar berkembang dengan baik, maka suplai asupan nutrisi dapat terpenuhi sehingga pertumbuhan anggur akan lebih baik.

Untuk media tanam, pastikan telah terfermentasi dengan sempurna. Hal ini untuk menangkap penyakit maupun tumbuhnya jamur.

Sinar Matahari 

Kebutuhan sinar Matahari sangat penting dalam pertumbuhan tanaman anggur, namun tidak boleh terkena sinar ultra Violet secara berlebihan. Oleh sebab itu banyak yang menggunakan plastik UV untuk atap perkebunan anggur. 

Manfaat plastik UV sebagai atau perkebunan atau greenhouse dapat mengurangi masuknya sinar ultra Violet. Dan juga menghindari curah air hujan sebagai musuh utama tanaman anggur.

Muanam dengan tanaman anggur di Gaizh Grape garden"Muanam dengan tanaman anggur di Gaizh Grape garden"

"Panas Matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman anggur, tetapi tidak secara berlebihan agar pertumbuhan dapat maksimal. Ungkap Muanam.

Sirkulasi udara

Dengan pemasangan atap menggunakan plastik UV, tentu udara akan semakin panas. Bila tidak diimbangi dengan sirkulasi udara maka dapat merusak tanaman anggur.

"Banyak rekan yang terkadang merupakan sirkulasi udara sehingga perkembangan tanaman anggur kurang maksimal. Paling tidak harus terjadi pergantian udara pada perkebunan, bila terlalu panas dapat membuat media tanam terlalu lembab yang memungkinkan hidupnya jamur pada akar." Ujar Muanam.

Dengan tiga dasar dalam menanam anggur, diharapkan dapat memastikan pertumbuhan hingga memaksimalkan hasilnya. 

 

 

 

Related News