• 21 September 2024

Wamentan Panen Dan Tanam Perdana Padi Demi PAT

uploads/news/2024/08/wamentan-panen-dan-tanam-902874f86451cb1.jpg

Jagadtani - Panen dan sekaligus penanaman padi perdana dilakukan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono di Desa Musi Timur, kecamatan Muara Belida, Kab Muara Enim Sumatera Selatan. 

Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian kunjungan kerja yang bertujuan untuk mempercepat penambahan areal tanam (PAT) melalui program optimasi lahan rawa (OPLA) di Sumatera Selatan, pada kamis (22/08).

Desa Musi Timur adalah salah satu dari tujuh desa di Kecamatan Muara Belida yang menjadi lokasi optimasi lahan rawa, dengan total Luas Baku Sawah (LBS) sebesar 292 hektar.

Dalam kunjungan kerja ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain PJ Gubernur Sumatera Selatan, PJ Bupati Muara Enim, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Staf Khusus Menteri Pertanian Bidang Percepatan Peningkatan Produksi, serta Tenaga Ahli di bidang optimasi lahan dan pompanisasi.

Selain itu, turut hadir pula Panglima Komando Daerah Militer II/Sriwijaya, Kapolda Sumatera Selatan, Kadistan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala BSIP Sumatera Selatan, Kadistan Kabupaten Muara Enim, Dirut PT PIHC, Dirut PT Pusri, penyuluh pertanian, dan para petani.

Selama kunjungan, Wakil Menteri Pertanian melakukan panen padi Varietas Inpari 32 di lokasi optimasi lahan dengan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dari 100 ke 200. Setelahnya, dilanjutkan dengan tanam perdana IP 200 dengan Varietas Inpari 32.

Diharapkan, peningkatan luas tanam, indeks panen, dan produktivitas padi ini dapat memperkuat ketahanan pangan nasional. Di akhir kunjungan, Wakil Menteri Pertanian berdialog dengan para petani dan menyerahkan bantuan berupa dolomit, benih, dan pompa. Pada kesempatan yang sama, ia juga menyerahkan Dana Alokasi Khusus Bidang Pertanian kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim. 

Related News