• 18 October 2024

Youth For Sustainable Nature Jadi Tema Perayaan HKAN 2024

Jagadtani - Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang bertujuan untuk menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam, memasyarakatkannya dan menjadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap dan budaya bangsa. Untuk perayaan HKAN diperingati setiap tanggal 10 Agustus yang berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009, dimana tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Konservasi Alam Nasional.

Khusus tahun ini, HKAN 2024 akan digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Boyolali pada 27 - 29 Agustus 2024 dengan mengusung tema "Youth For Sustainable Nature". Menurut Direktur Pengelolaan Kawasan Konservasi (PKK) Sapto Aji Prabowo, S.Hut., M.Si mengatakan bahwa Peringatan HKAN 2024 terbagi dalam rangkaian 3 kegiatan besar, yaitu: Launching HKAN di Jakarta, kegiatan Road to HKAN 2024 secara nasional mulai dari 17 Agustus s.d 28 Agustus 2024 berupa berbagai macam lomba dengan tema konservasi, sarasehan kader konservasi, jambore konservasi alam, workshop bioprospeksi dan festival kesenian tradisional, terakhir Acara Puncak HKAN 2024 pada tanggal 29 Agustus 2024 di Alun - alun Kidul -Boyolali.

Menteri LHK, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc dalam sambutan pada launching HKAN 2024 yang dibacakan oleh Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Agr.Sc menyampaikan bahwa pemahaman dan pengetahuan konservasi alam pada generasi muda menjadi penentu pelestarian sumber daya alam Indonesia saat ini dan masa depan.
 
Karakter generasi muda dapat menjadi pengantar peran isu nasional dan isu global dalam komunikasi sosial masyarakat Indonesia dan menjadi penggerak di media sosial untuk bersama melindungi sumber daya alam yang ada di Indonesia, dengan menjadi influencer yang efektif dalam menghadirkan upaya-upaya konservasi di lingkungan masyarakat.
Youth For Sustainable Nature Jadi Tema Perayaan HKAN 2024"Youth For Sustainable Nature Jadi Tema Perayaan HKAN 2024"
Menteri LHK juga mengatakan dalam peringatan HKAN ke 15 setelah ditetapkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI keenam, dapat dijadikan momentum rasa syukur atas pengesahan Rancangan Revisi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (KSDAHE).
 
 
 
 

 

Related News