• 17 September 2024

BSIP Sumsel Laksanakan Pemeriksaan Standar Benih Jagung Jakarin

uploads/news/2024/08/bsip-sumsel-laksanakan-pemeriksaan-25340134308bec3.jpg

Jagadtani - Dalam proses sertifikasi benih tanaman membutuhkan waktu panjang demi memastikan bibit tersebut telah sesuai dengan pengajuannya. 

Sepertnya dalam memastikan benih jagung di Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Tim BSIP Sumsel melaksanakan  Pemeriksaan Pendahuluan atau Pemeriksaan Lapang I (PL I) sebagai tahap penting dalam proses sertifikasi benih yang bertujuan untuk memastikan kebenaran data lapangan dan kesesuaian benih yang diajukan untuk sertifikasi.

PL I dilaksanakan di lahan perbenihan jagung di Desa Peracak, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, dengan partisipasi tim UPTD BPSB Kabupaten OKU Timur, pada Selasa (27/08).

Lahan yang diperiksa seluas 5 hektar, terdiri dari 4 blok, dan ditanami jagung varietas Jakarin yang berumur 27 hari setelah tanam (HST). Walaupun ditemukan adanya serangan hama ulat grayak, pertumbuhan tanaman tergolong baik.

Untuk mengatasi hal ini, Tim Proteksi Tanaman Pangan Kabupaten OKU Timur bersama dengan tim BSIP Sumsel akan melakukan Gerakan Pengendalian (Gerdal) dan memantau dampaknya.

Jika serangan belum terkendali, BPTPH telah menyiapkan pestisida kimia sebagai langkah akhir penanggulangannya dengan penggunaan secara tepat.

Pendampingan dan pengendalian sejak dini ini diharapkan dapat menghasilkan benih jagung yang terstandar dan memenuhi kebutuhan benih bersertifikat di Kabupaten OKU Timur serta kabupaten lainnya

Related News