• 22 October 2024

Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

"Ubi Jalar atau ketela rambat dengan kandungan karbohidrat yang tinggi membuatnya dijadikan sumber bahan makanan pokok di beberapa daerah. Keunggulan lainnya, daun ubi jalar yang dapat dijadikan sayuran juga mengandung berbagai nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh."

Jagadtani - Ubi jalar dengan nama ilmiah Ipomoea batatas, juga memiliki beragam nama di berbagai daerah maupun negara. Dapat tumbuh subur di negara tropis, tanaman ubi jalar dapat dibudidaya melalui stolon atau batang rambatnya dengan menanam ke tanah. 

Selain bagian buah ubi jalar yang mengandung vitamin A, vitamin B, dan zat antioksidan (terdiri beta karoten, asa, klorogenat, antosianin) dan juga terdapat gizi yang utama yakni pati. Bagian daun ubi jalar juga mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak, kalium, beragam vitamin dan berbagai kandungan nutrisi maupun senyawa bioaktif.

Dilansir dari International Journal Of Food Properties (2020), daun ubi jalar mengandung antioksidan, antikanker, anti hipersensitif, antimikroba, dan antiinflamasi.

Segudang manfaat daun ubi jalar"Segudang manfaat daun ubi jalar"

Beragam kandungan pada daun ubi jalar juga dapat memberikan kesehatan bagi tubuh, dengan konsumsi yang tepat. berbagai keuntungan yang dapat dirasakan oleh tubuh dengan mengkonsumsi daun ubi jalar, seperti

Mengurangi resiko penyakit jantung

Daun ubi jalar mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan juga dapat bermanfaat dalam menjaga metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Kandungan vitamin lainnya pada ubi jalar adalah vitamin K yang dapat mencegah pengapuran arteri di jantung. 

Dengan asupan vitamin K yang tepat pada tubuh dapat membantu dalam mengendalikan tekanan darah secara alami sekaligus menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Membantu pembekuan darah

Dalam proses pembekuan darah memang dibutuhkan 12 vitamin, salah satunya vitamin K. Daun ubi jalar yang mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin K dapat berguna dalam membantu pembekuan darah sehingga luka memar pada kulit menjadi cepat sembuh.

Manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan tubuh "Manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan tubuh "

Menjaga kesehatan mata, rambut dan kulit

Kandungan vitamin yang beragam pada daun ubi jalar, termasuk vitamin A. Tentunya dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar dapat membantu dalam memelihara kesehatan mata. Vitamin A merupakan vitamin yang dapat mencegah Degenerasi Makula, sebagai penyebab utama kebutaan. 

Kandungan vitamin A pada ubi jalar, juga dapat memacu pertumbuhan regenerasi kulit maupun penyembuh luka. 

Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Kandungan serat pada daun ubi jalar dapat membantu dalam memelihara sistem pencernaan tubuh. Serat sangat dalam membantu kinerja usus dan bakteri baik dalam mencerna makanan. Serat tersebut dapat berfungsi dalam menghindara masalah sembelit. 

Daun ubi jalar dapat diolah untuk berbagai masakan, termasuk direbus sebagai lalapan hingga dimasak selayaknya sayur-mayur.

Related News