• 23 October 2024

Kepedulian Paus Franciscus Pada Pertanian Dan Lingkungan Keberlanjutan

Jagadtani - Kedatangan pemimpin umat Katholik se dunia Paus Franciscus sejak awal September 2024 di Jakarta menjadi perhatian seluruh umat. Rangkaian kegiatan yang dilakukan selama di Jakarta pun cukup menyita waktunya. Paus Franciscus dikenal karena kesederhanaan dan kepeduliannya terhadap lingkungan serta kesejahteraan manusia tanpa memandang perbedaan agama, ras, suku, dan budaya.

Kepedulianya terhadap lingkungan hal ini dibuktikan Paus Franciscus memiliki area khusus yaitu lahan pertanian untuk sayuran. Lahan ini pemberian dari mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada masa pemerintahannya di tahun 2014. Hasil pertanian ini di peruntukkan untuk masyarakat setempat yang membutuhkan dan hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa kepeduliannya terhadap sesama.

Dilansir dari CNN, lahan pertanian ini berada di wilayah Castel Gandolfo yang sudah ada sejak berabad-abad digunakan untuk memproduksi hasil makanan-makanan yang diperuntukkan bagi para Kepala Gereja Katholik Dunia. Sejak tahun 1200, lahan pertanian ini sudah memiliki pohon zaitun sejumlah 1000 pohon. Di setiap musim panas lahan pertanian ini juga dijadikan sebagai kediaman Paus bahkan dimanfaatkan juga sebagai lokasi untuk berliburnya.

Castel Gandolfo – Desa dan Danau Yang Indah (Foto: Visit Lazio https://www.discover-italy-maga"Castel Gandolfo – Desa dan Danau Yang Indah (Foto: Visit Lazio https://www.discover-italy-maga"

Membicarakan sayuran dan buah-buahan, Paus Franciscus sering menekankan pentingnya pertanian berkelanjutan dan konsumsi makanan lokal. Meskipun Paus Franciscus tidak memiliki "sayuran dan buah hasil pertanian favorit" yang secara spesifik disebutkan dalam dokumen resmi atau wawancara, ada beberapa prinsip yang bisa mencerminkan preferensinya:

Sayuran Lokal dan Musiman

Paus Franciscus mendukung konsumsi sayuran lokal dan musiman karena hal ini berkontribusi pada pertanian yang berkelanjutan dan mengurangi jejak karbon. Sayuran seperti tomat, paprika, terong, dan bayam adalah beberapa contoh sayuran yang sering digunakan dalam masakan Italia untuk diet lokal kesehatan atau jajanan seperti pizza dengan bahan baku sehat.

Setiap hari di waktu pagi beberapa jenis sayuran segar hasil pertanian siap dikirim ke Vatikan untuk"Setiap hari di waktu pagi beberapa jenis sayuran segar hasil pertanian siap dikirim ke Vatikan untuk dihidangkan makan Paud Franciscus (foto: CNN)"

Buah Lokal dan Musiman

Buah-buahan yang sering digunakan dalam masakan Italia, seperti apel, jeruk, anggur, dan zaitun, juga kemungkinan menjadi bagian dari diet untuk kesehatan yang sangat ia dukung. Mengonsumsi buah lokal dan musiman juga sejalan dengan prinsip keberlanjutan dan pengurangan dampak lingkungan.

Sayur dan buah lokal yang baik untuk kesehatan tubuh (Lens.google.com)"Minyak Zaitun untuk diet kesehatan di wilayah Mediterania (foto: Lens.google.com)"

Pertanian Organik dan Berkelanjutan

Paus Franciscus mendukung pertanian organik dan berkelanjutan sebagai cara untuk menjaga kesehatan bumi dan mendukung komunitas petani kecil. Ini mencakup metode pertanian yang menghindari penggunaan pestisida dan bahan kimia berbahaya.

Menghargai Terhadap Makanan Sederhana

Dalam banyak kesempatan, Paus Franciscus menekankan pentingnya kesederhanaan dan disesuaikan dengan kebutuhan dalam konsumsi makanan, serta lebih memilih makanan yang sehat dan sederhana, yang seringkali mencakup sayuran dan buah-buahan segar hasil pertanian lokal.

Perkebunan Anggur (Foto: https://www.getyourguide.com/roma-l33/)"Perkebunan Anggur (Foto: https://www.getyourguide.com/roma-l33/)"

Secara keseluruhan, Paus Franciscus cenderung mendukung pola makan yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan, mendukung petani lokal, dan mengonsumsi makanan yang sederhana dan sehat.

Related News