• 22 October 2024

Rahasia Pakan Ayam Kontes Agar Kuat Berlaga

"Sebagai makhluk hidup, tentunya asupan pakan menjadi bagian terpenting dalam menunjang performa ayam bangkok aduan atau ayam kontes. Dengan pakan tepat dan pemberian suplemen tambahan dapat meningkatkan tumbuh kembang sehingga memiliki performa unggul yang didukung perawatan konsisten."

Jagadtani - Pakan menjadi bagian terpenting dalam mendukung pertumbuhan tubuh, otot, stamina hingga kesehatan ayam bangkok yang akan mengikuti kontes aduan. Namun juga harus diimbangi suplemen tambahan agar menunjang stamina ayam aduan.

Pakan yang baik akan mendukung perkembangan otot, stamina, dan kesehatan ayam bangkok aduan secara keseluruhan. Sementara itu, perawatan yang optimal akan memastikan ayam siap bertarung dengan kondisi terbaik.

Kebutuhan nutrisi ayam kontes harus dapat terpenuhi, komponen yang harus tersedia dalam pakan ayam meliputi protein tinggi, vitamin, mineral, dan karbohidrat.

Memberi pakan ayam kontes "Memberi pakan ayam kontes "
 
Berbagai pakan yang digunakan dalam merawat ayam pakhoy, biasanya berupa jagung, beras merah, biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan. Untuk pakan rahasia yang dapat dijadikan suplemen tambahan untuk ayam menjelang mengikuti kontes adalah:

Daging Kambing

Bagi sebagian perawat ayam aduan, daging kambing bukan pakan rahasia. Namun sebenarnya daging kambing bersifat suplemen alami atau bukan kimia. Seperti halnya manusia yang kerap mengkonsumsi sate kambing muda menjelang 'bertempur', ternyata ayam juga dapat diberikan daging kambing mentah dalam potongan kecil. 

Bagi perawat ayam bangkok, pemberian daging berupa daging kambing, hati ayam maupun ikan dan belut dapat menjadi sumber protein hewani yang baik. Pemberian potongan kecil daging kambing dianggap dapat meningkatkan stamina tubuh ayam bangkok.

Dalam setiap 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein, 143 kkal kalori, lemak 3 gram, namun harus waspada dengan kandungan kolestrolnya yang tinggi sebesar 75 mg. Kandungan vitamin B12 serta 4,4 mcg dapat berguna bagi pertumbuhan syaraf ayam kontes.

Sedangkan kesehatan tulang ayam dapat diperoleh dari kandungan fosfor sehingga sangat baik diberikan pada ayam yang masih berusia muda atau siapan menjelang dewasa.

"Untuk pemberian daging kambing mentah atau belut, memang tidak dilakukan setiap saat. Biasanya hanya menjelang mengikuti kontes ayam. Dengan pemberian yang tepat, biasanya ayam akan lebih prima fisiknya sehingga kuat untuk berlaga." ujar Abdullah sebagai pemilik ayam bangkok kontes di Bekasi ini. 

Daging Ikan atau Belut

Ayam pakhoy juga membutuhkan asupan protein tambahan untuk perkembangan otot hingga menjaga kesehatan tubuhnya, dengan pemberian daging ikan maupun belut maka dapat terpenuhi. Pemberian ikan kecil maupun belut yang mengandung asam lemak omega-3 baik bagi kesehatan jantung dan pembentukan otot ayam.

Zat besi pada belut juga sangat baik dalam proses pertumbuhan tubuh dan mencegah ayam terkena anemia. Zat besi juga dapat  memproduksi hemoglobin, yang membantu dalam transportasi oksigen dalam tubuh.

Telur Ayam atau Bebek

Pemberian telur dapat diberikan dalam periode tertentu, telur dapat direbus maupun yang masih mentah. Biasanya peternak lebih mudah memberikan yang telah direbus. Biasanya ayam diberikan kuning telur rebus setelah menjalani latihan atau rawatan agar meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh serta dapat memulihkan stamina. 

Dengan pemberian pakan yang tepat, dan diimbangi suplemen tambahan hingga perawatan konsisten dapat memberikan kondisi fisik yang mumpuni dalam berlaga. 

Related News