• 22 October 2024

Selayaknya Petarung, Ayam Aduan Juga Butuh Dipijat

"Menjelang bertarung atau melakoni pertandingan, biasanya petinju akan menjalani serangkain persiapan fisik, termasuk dipijat agar ototnya tidak kaku. Ternyata langkah tersebut juga berlaku pada ayam aduan atau kontes."

Jagadtani - Perawatan ayam yang akan mengikuti kontes atau aduan memang sangat panjang, fisik yang prima menjadi kunci keberhasilan dalam memenangkan sebuah laga panjang.

Selain perawatan dengan pola latihan yang didukung faktor pakan dan asupan nutrisi tambahan, persiapan menjelang laga menjadi kunci utama dalam meraih kemenangan.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah memijat ayam agar otot maupun urat lebih relaks setelah menjalani proses latihan panjang dan istirahat beberapa saat menjelang berlaga. 

Walau masih ada perdebatan yang menganggap pijat untuk ayam Bangkok merupakan langkah atau tradisi kuno. Namun masih banyak pemain ayam yang menerapkan hal ini.

Persiapan ayam kontes menjadi bekal dalam berlaga"Persiapan ayam kontes menjadi bekal dalam berlaga"

Menurut Arifudin, penghobi ayam kontes, butuh keahlian khusus dalam merawat ayam hingga memijatnya. Jika salah dapat membuat ayam cedera. "Bagian tubuh ayam yang dapat dipijat agar ototnya tidak kaku meliputi persendian, leher, sayap, paha, kaki hingga bagian punggung yang dekat pangkal ekor. Jika tidak bisa, lebih baik jangan melakukan karena ayam beresiko cedera."

Dalam melakukan pemijatan pada ayam pakhoy, biasa ada yang hanya menggunakan air sekaligus memandikan mengorok cairan pada leher pada pagi maupun sore hari. Hal yang harus diingat, saat memandikan ayam jangan terlalu sore atau kondisi cuaca sedang mendung. 

'Kalau cuaca sedang mendung dan hujan lebih baik ayam jangan menjalani perawatan rutin. Cukup diberi pakan saja, kondisi hujan sangat rentan pada stamina ayam yang akan berlaga." Ujar Arifudin.

Lebih lanjut Arifudin mengatakan bahwa pemijatan juga dapat dilakukan setelah ayam menjalani petarungannya. "Biasanya ayam yang berhasil memenangkan kontes akan langsung dirawat dengan memberikan pijatan pada seluruh tubuh. Saya biasa menggunakan ramuan herbal dari campuran rempah-rempah sehingga dapat menyembuhkan luka atau sekedar menghangatkan tubuh ayam." Pungkasnya.

Untuk ramuan berupa rempah-rempah, biasa terdiri dari jahe, america dan lainnya. Sebenarnya mirip seperti ramuan yang biasa digunakan untuk mengurut orang. 

Dengan perawatan panjang dan maksimal, tentu diharapkan mendapatkan hasil terbaik dalam ayam kontes. 

Related News