• 6 October 2024

Pesona Ikan Cupang, Beri Keberuntung Sang Pemiliknya

"Dengan postur tubuh yang ditunjang warna - warni yang membuat ikan cupang masih memiliki daya tarik tersendiri untuk dipelihara. Walau pada awalnya lebih dipelihara untuk di adu, kini ikan cupang lebih dipilih sebagai penghuni akuarium."

Jagadtani - Sebagai ikan air tawar, ikan Cupang mudah ditemui di Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Brunei Darussalam. Dengan begitu banyaknya asal daerah, membuat makin beragamnya jenis ikan cupang yang kini dapat dengan mudah ditemui. 

Pada awalnya, ikan cupang memang kerap dijadikan ikan untuk bertarung atau berlaga yang membuatnya terbagi dalam Cupang Aduan, Cupang Hias dan Cupang liar. Seiring berjalannya waktu, ikan cupang lebih dijadikan sebagai ikan hias dengan mengikuti berbagai kontes ikan hias.

Ikan cupang Nemo Halfmoon Betta"Ikan cupang Nemo Halfmoon Betta"
 
Bahkan dengan warna tubuh yang menarik dapat dijadikan untuk melepas kepenatan setelah menjalani rutinitas. Selain dapat meningkatkan keindahan sudut ruangan, menurut kepercayaan Thailand Kuno mengatakan ikan cupang dapat memberikan keberuntungan dan energi positif. 

Tentunya sesuai dengan Feng Shui yang mengatakan bahwa terdapatnya akuarium di dalam rumah dapat menarik chi (energi) yang baik dan kemakmuran. Dan ikan cupang yang berada di dalam akuarium dapat meningkatkan keberuntungan, hal ini sesuai dengan postur tubuh yang indah dengan gerakan dinamisnya sehingga dapat mewakili simbol kemakmuran dan keberuntungan dalam kehidupan.

Banyak informasi yang mengatakan memelihara ikan cupang dapat mendatangkan keberuntungan. Pada dasarnya, ikan atau makhluk hidup yang dipelihara dengan baik dan penuh perhatian akan membalas dengan ucapan terima kasih pada sang pemilik. Rasa ungkapan terima kasih dapat menjadi keburuntungan bagi sang pemilik.

Ikan cupang White Opaque Dumbo"Ikan cupang White Opaque Dumbo"
 
Selain itu. harga ikan cupang memang pernah meroket tinggi sehingga dapat memberikan keuntungan besar bagi sang pemilik atau peternak. Harga ikan cupang pernah fenomenal hingga menembus angka jutaan rupiah pada pandemi Covid -19 melanda. Namun kini, harga ikan cupang telah kembali atau mengalami peningkatan.

Dengan masih kurang stabilnya harga ikan Cupang, tentunya harapan para penghobi hingga peternak, harga ikan cupang dapat kembali meningkat tetap stabil

 

Related News