• 22 October 2024

Harimau Sumatera Kembali Mengintai, Antispasi Dengan Kandang TPE

Jagadtani - Dengan daerah jelajah yang semakin terbatas hingga berkurangnya ketersedian makanan dihabitatnya, tentu membuat hewan berusaha mencari mangsa. Termasuk Harimau Sumatera yang kerap menyerang ternak milik warga. 

Informasi terbaru, dilaporkan telah terjadi interaksi negatif antara warga dengan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Kejadian tersebut berada di Dusun Afdeling 12 Kwala Sawit, Desa Sei Serdang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat. Walau tidak menyerang warga, Harimau Sumatera tersebut telah mengakibatkan korban tiga ekor lembu milik warga.

Berdasarkan laporan tersebut, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, lembaga mitra WCS, Yayasan Sumatera Hijau Lestari (YSHL) dan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC) langsung melakukan tindakan antisipasi.

Pembuatan Kandang TPE Untuk Antisipasi Gangguan Harimau"Pembuatan Kandang TPE Untuk Antisipasi Gangguan Harimau"
 
Langkah penanganan yang dilakukan telah sesuai permohonan masyarakat pada saat itu untuk membuat kandang TPE (Tiger Proof Enclosure). Pembuatan kandang TPE dimulai pada Kamis, 5 September 2024, oleh tim gabungan yang terdiri dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Balai Besar TNGL, lembaga mitra WCS dan masyarakat membuat 1 unit kandang TPE di areal milik Jusup Sembiring. Kandang TPE yang dibuat berukuran 30m x 10m x  2,5 m yang dapat mengamankan ternak sebanyak 30 ekor sapi.

Fasilitasi kandang TPE dari lembaga mitra WCS, bertujuan mengurangi terjadinya kerugian akibat interaksi negatif di desa tersebut, baik kerugian pada warga maupun kerugian pada satwa liar Harimau Sumatera. Kesadaran pengandangan ternak merupakan salah satu tujuan sosialisasi yang telah dilakukan pada saat penanganan interaksi negatif dengan satwa harimau dan diharapkan akan ada pembuatan kandang TPE lain yang nantinya akan difasilitasi oleh lembaga mitra YSHL.

Related News