• 16 April 2024

Tanaman Obat Keluarga Penangkal COVID-19

uploads/news/2020/03/tanaman-obat-keluarga-penangkal-774470cbd68d496.jpg

Namun, saya harus menggaris bawahi dan tekankan,tanaman obat bukan untuk mengobati virus corona, tetapi memang untuk pencegahan.”

JAKARTA - Menjaga kesehatan tubuh merupakan cara yang sangat penting untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19. Salah satunya, Sahabat Tani dapat mengkonsumsi sejumlah tanaman obat keluarga (TOGA) herbal yang memiliki khasiat dapat mencegah penularan virus corona. Tanaman-tanaman obat herbal berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga memudahkan siapa pun agar terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti COVID-19.

Tanaman obat memiliki manfaat yang berasal dari akar, batang, hingga daunnya. Dari satu jenis tanaman obat saja sudah dapat memiliki khasiat yang bermacam-macam. Tanaman obat bisa di gunakan sebagai bahan jamu, dan bahan utama pembuatan obat kapsul. Tidak heran kini sudah banyak masyarakat indonesia yang menggunakan tanaman obat untuk menyembuhkan penyakit mereka.

Mengutip Merdeka.com, Praktisi Herbal dan Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), Kementerian Kesehatan RI, dr. Danang Ardiyanto mengungkapkan, tanaman-tanaman herbal berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Namun, saya harus menggaris bawahi dan tekankan,tanaman obat bukan untuk mengobati virus corona, tetapi memang untuk pencegahan. Bukan cuma untuk (pengobatan) Virus Corona dalam hal ini,” kata Danang.

Bersumber dari Kumparan.com, ada lima Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang bisa digunakan untuk mengurangi dampak penularan Virus Corona jika masyarakat rajin mengkonsumsinya setiap hari. Seperti jahe yang memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh dan kandungan dari jahe juga mampu membersihkan racun dalam paru-paru jika dikonsumsi.

Selain Jahe, air rebusan sereh, juga mampu mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat. Selain itu, sereh juga mengandung anti-viral dan anti-bakteri. Kayu manis juga memiliki khasiat untuk mengobati infeksi saluran pernapasan. Serta air rebusannya mengandung kalsium, serat dan mineral yang mampu meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Tanaman temulawak juga berkhasiat untuk membantu menurunkan peradangan pada paru-paru dan juga berfungsi sebagai anti-oksidan untuk tubuh. Terakhir, kunyit juga berguna untuk mengobati berbagai penyakit paru-paru dan bisa menjadi bahan baku untuk segala ramuan berbagai jenis penyakit.

Namun yang terpenting selain mengkonsusi tanaman obat herbal, yaitu Sahabat Tani juga dihimbau agar selalu membiasakan cuci tangan dengan sabun antiseptik serta menjaga pola hidup sehat sehingga tidak tertular virus corona yang saat ini mewabah di seluruh dunia. 

Related News