• 19 September 2024

BSIP Lampung Adakan SL Demi Ketahanan Pangan

uploads/news/2024/09/bsip-lampung-adakan-sl-749246853a854a0.jpg

Jagadtani - Dalam upaya menjaga ketahanan pangan, tim BSIP Lampung melaksanakan Sekolah Lapang (SL) Penerapan dan Pengujian Standar Instrumen Pertanian (SIP) untuk tanaman padi di Kecamatan Gunung Alip.

 

Sekolah Lapang pertanian tersebut diikuti para petani setempat dengan pemberian materi terkait penggunaan SIP, pengenalan dasar teknologi pertanian, teknik pemantauan kondisi lahan, hingga strategi pengendalian hama dan penyakit tanaman. 

Dalam kegiatan ini Kepala BSIP Lampung, Rachman Jaya, narasumber Sukarlin, penyuluh lapang, POPT dan para petani.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam mengelola lahan pertanian serta memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam meningkatkan produktivitas padi. SIP memungkinkan petani untuk memperoleh informasi terkini terkait cuaca, ketersediaan air, status hama, penyakit serta rekomendasi penggunaan pupuk secara real-time melalui perangkat uji tanah sawah (PUTS).

"Kami berharap adanya SL sebagai langkah maju untuk petani lebih mudah memantau kondisi tanaman dan mengambil keputusan berbasis data sehingga hasil produksi lebih maksimal," ujar Korluh Gunung Alip

"Dulu kami sering menggunakan pestisida berdasarkan insting dan pengalaman, sekarang kami bisa melihat data terlebih dahulu. SIP membantu dirinya dalam mengurangi penggunaan pestisida berlebihan dan memaksimalkan penggunaan pupuk secara tepat sasaran," ujar Tamrin, salah satu petani yang antusias dengan adanya SL

Related News