• 19 September 2024

Benih Padi Unggul Berstandar, Kunci Keberhasilan Panen Raya

uploads/news/2024/09/benih-padi-unggul-berstandar--929310ec00cfb07.jpg

Jagadtani - Kebutuhan bibit padi unggulan menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan hasil panen. Untuk itu, ketersediaan benih padi harus dilakukan, seperti yang dilakukan BSIP Aceh bersama Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB), dan BPP Teunom melakukan tanam produksi padi unggul terstandar di desa Pasi Geulima, Aceh Jaya.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya ketersediaan benih padi unggul terstandar untuk mendukung program Kementerian Pertanian perihal mengantisipasi darurat pangan dengan perluasan areal tanam. Turut hadir Ketua Tim Diseminasi SIP, Tim kegiatan produksi benih padi, Fungsional PMHP, dan Penyuluh.

Ketua Tim Diseminasi BPSIP Aceh, Rizki Ardiansyah, SP., M.Si ”UPBS benih padi ikut berkontribusi dalam penyediaan benih unggul terstandar bagi petani dan turut mendukung program antisipasi darurat pangan di Aceh Jaya dengan target produksi sebesar 9 ton benih padi kelas SS dan siap edar mulai Desember 2024”. 

Tim produksi benih padi, Rini Andriani, SP menyampaikan “Di Aceh Jaya ini, BSIP Aceh akan berperan dalam memproduksi benih sumber padi untuk varietas Inpari 32 dan Mekongga dengan luasan 3 ha. Untuk mencapai target ini, BSIP Aceh menerapkan prosedur yang sesuai SNI 6233:2015 untuk pengelolaan calon benih dan prinsip Indonesian Good Agricultural Practices (IndoGAP) tanaman pangan sesuai SNI 8969:2021”.

Mussafak, Korwil Pengawas Benih Tanaman, Aceh Jaya menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan tersebut, “Kami siap mendukung kegiatan produksi benih padi. Alhamdulillah BSIP Aceh telah mengajukan permohonan sertifikasi benih untuk dua varietas dari label putih ke label ungu dengan total lahan mencapai 3 hektar”.

Burhanuddin, SP selaku Koordinator BPP Teunom “Untuk pertama kalinya, BSIP Aceh melaksanakan kegiatan produksi benih sumber di Teunom ini. Kegiatan ini pastinya sangat membantu petani, mengingat petani sering kesulitan mendapatkan benih yang berkualitas dan berlabel. Kami berharap benih yang dihasilkan nanti, dapat digunakan kembali oleh petani di Kecamatan Teunom dan Kabupaten Aceh Jaya. BPP Teunom akan ikut mendampingi petani koperator dalam proses produksi untuk tercapainya benih sumber padi terstandar”.

Besar harapannya, benih sumber yang diproduksi BSIP Aceh dapat bersumbangsih untuk mendiseminasikan benih varietas unggul terstandar untuk mendukung program Kementerian Pertanian di Kabupaten Aceh Jaya.

Related News