• 22 October 2024

Program Pohon Tabungan Rakyat, Sinergitas Perhutani dan Kodim 0619 Purwakarta

uploads/news/2024/09/program-pohon-tabungan-rakyat--96137156005c5ba.jpg

Jagadtani - Dalam upaya penanaman pohon dan optimalisasi lahan pada program Pohon Tabungan Rakyat (POLTRA), Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta menjalin kerja sama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0619  Purwakarta.

Rangkaian kegiatan demi menyukseskan program Poltra, dilaksanakan di Persemaian Bibit Sengon dan Tanaman Jati di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sadang pada Senin (17/09).

Hadir dalam kegiatan tersebut Administratur KPH Purwakarta Widi Wiliady beserta jajaran, serta Komandan Rayon Militer (Koramil) 0619 Purwakarta Letnan Kolonel Infanteri (Letkol Inf) Ardiansyah beserta jajaran.

Widi Wiliady berharap kolaborasi ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama di wilayah pedesaan yang bergantung pada kawasan hutan untuk sumber pangan dan perekonomian mereka. “Kami berharap sinergi ini bukan hanya bersifat simbolis, tetapi juga berkelanjutan dan memberikan manfaat yang nyata. Setiap pohon yang ditanam akan menjadi amal,” ungkapnya.

Letkol Inf Ardiansyah menyatakan kesiapan Kodim 0619 untuk mendukung penuh program POLTRA. “Kodim bersama Perhutani KPH Purwakarta, serta pihak Kecamatan dan Desa, akan melaksanakan penyemaian biji sengon. Rencananya, penanaman akan dilakukan pada bulan November-Desember di beberapa sektor yang sedang kami rencanakan. Kami berharap dapat menghadirkan banyak kejutan dan menjadikan Purwakarta lebih hijau dalam jangka panjang,” ujarnya.

Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat sinergitas antara Perhutani KPH Purwakarta dan Kodim 0619 Purwakarta, serta mendukung keberhasilan program POLTRA di wilayah Kabupaten Purwakarta. 

Related News