• 22 October 2024

Genetika Indukan Penentu Anak Burung Dara Berkualitas

"Harga burung Dara balap, tidak kalah bersaing dengan harga burung kicauan seperti Murai Batu maupun jenis lainnya. Namun harga tersebut sangat tergantung dengan kualitas dari setiap burung Dara yang berasal dari genetika turunan induknya.

Jagadtani - Bagi sebagian Sahabat Tani, mungkin telah mengetahui harga burung dara balap yang dapat menembus angka milyaran rupiah. 

Bahkan rekor burung Dara termahal masih dipegang burung asal Belgia yang berhasil terjual melalui lelang online senilai Rp26 milyar, pada tahun 2020. 

Sementara, di Indonesia harga burung dara balap pun tidak kalah bersaing dengan menyentuh angka diatas satu milyar. 

Indukan burung Dara balap Penentu kualitas turunannya"Indukan burung Dara balap Penentu kualitas turunannya"

Nilai tersebut tentu berdasarkan kemampuan burung tersebut dalam menempuh jarak terbang dengan kurun waktu singkat. Kualitas burung Dara balap sangat ditentukan oleh postur tubuh, termasuk sayap, badan, leher, bentuk tulang, mata hingga lainnya.

Hal ini, tidak jarang anakan burung Dara balap yang pernah mendapatkan gelar juara akan berharga cukup tinggi. 

Nilai ekonomis tersebut yang membuat Diki tertarik menekuni budidaya burung Dara dirumahnya. Menurut Diki, pada dasarnya semua jenis burung Dara dapat mengikuti lomba tetapi harus menjalani serangkaian latihan. 

"Walau semua jenis burung Dara bisa mengikuti lomba, tetapi ada beberapa jenis yang dianggap memiliki keunggulan sehingga banyak yang fokus pada jenis itu dalam Beternak," ujarnya.

Untuk jenis burung Dara balap yang dianggap memiliki keunggulan, meliputi burung Dara Homer, Jacobin, Cumulet, Tumbler, Modena, Brongsong dan Pajer.

Dengan berbagai jenis indukan tersebut, membuat peternak dapat memilih calon indukan yang akan menghasilkan anakan burung Dara balap berkualitas.

"Banyak yang berusaha mendapatkan indukan burung Dara balap yang pernah mendapatkan gelar juara. Hal ini dikarenakan indukan akan menurunkan 60—70% darah juara kepada anak - anaknya." Tutur Diki pada tim Jagadtani.

Biasanya peternak kecil burung Dara akan berusaha mencari peternak besar yang telah menghasilkan burung juara. Mengingat bahwa silsilah setiap burung akan selalu dicatat oleh peternak besar. 

"Saran saya, bagi Sahabat Tani yang ingin memiliki burung Dara balap berkualitas harus memastikan asal usulnya. Mungkin saja burung yang dibeli di pasar tanpa mengetahui asal usulnya dapat juara, tapi sangat tipis kemungkinannya. Pungkas Diki.

Tentu harga yang ditawarkan cukup tinggi, tapi paling tidak memiliki kemungkinan menjadi juara dengan pola perawatan dan latihan yang tepat. Harga jual pun dapat kembali melambung seiring torehan prestasinya.

Biasanya burung Dara akan dijual sepasang agar tidak perlu melakukan penjodohan ulang, rentan harga mulai dari ratusan ribu.

Related News