• 18 October 2024

TNI Bagian Terpenting Dalam Ketahanan Pangan Nasional

uploads/news/2024/10/tni-bagian-terpenting-dalam-4164008ee2f0af5.jpg

"Menjadi bagian terpenting dalam ketahanan pangan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memberikan peran yang sangat vital dalam menjaga produktivitas pangan."

Jagadtani - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan memasuki usia ke 79 tahun pada 5 Oktober 2024. TNI memiliki peran sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

Selain tugas tersebut, TNI juga berperan aktif dalam mendukung ketahanan pangan yang juga sangat membutuhkan perjuangan besar dari berbagai pihak terkait. 

TNI pun membentuk Satuan Tugas Pangan Mabes TNI yang dipimpin Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani. Satgas pangan TNI telah menjalankan berbagai program yang mendukung ketahanan pangan melalui sektor pertanian.

Kegiatan yang dilakukan Satgas pangan Mabes TNI bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) agar meningkatkan produktivitas nasional sehingga Indonesia dapat mewujudkan swasembada dan juga lumbung pangan dunia.

Berbagai program dalam mendukung ketahanan pangan, mulai dari memastikan menjalankan program pompanisasi, Perluasan Areal Tanam (PAT) hingga menjaga fluktuasi harga.

"Petani dan pertanian adalah tulang punggung negara, juga menjadi pahlawan bangsa. Oleh sebab itu, program ketahanan pangan ini, khususnya pompanisasi bisa membantu suksesnya produktivitas pangan sehingga nantinya Indonesia tidak lagi mengimpor beras dari negara lain," ujar Rizal di Dusun Bakalan Lor Desa Bligo Kecamatan Ngluwar, Jumat, 10 Mei 2024.

Selain itu, program food estate hingga urban farming dilakukan dalam menjaga ketahanan pangan. Berbagai tanaman pertanian, termasuk tanaman holtikultura sebagai komoditas utama yang dihasilkan.

Usaha pertanian tersebut dilakukan oleh Satgas pangan Mabes TNI dengan dukungan seluruh Komando Resort Militer yang membawahi beberapa Komando Distrik Militer dan satu batalyon infanteri serta tim intel yang berkedudukan di Kotamadya atau Kabupaten dalam satu Provinsi di Indonesia.

TNI yang telah memasuki usia 79 tahun, selalu menjadi bagian dalam menjaga ketahanan negara, termasuk menjaga ketahanan pangan. 

Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia ke 79 tahun.

Related News