• 22 October 2024

Tanam Padi Serentak Demi IP Kabupaten Tanah Laut, Kalsel

uploads/news/2024/10/tanam-padi-serentak-demi-73685c63dc72343.jpg

Jagadtani - Tanam padi serentak dilakukan dalam upaya percepatan tanam mendukung optimalisasi lahan rawa melalui peningkatan indeks pertanaman (IP). Tanam padi tersebut digelar secara bersamaan pada 21 titik yang berada di 11 kecamatan dari Kabupaten Tanah Laut - Kalimantan Selatan.

Untuk pusat kegiatan tanam padi serentak berada di  Kelompok tani (poktan) Kayuh Baimbai, Desa Handil Babirik, Kecamatan Bumi Makmur.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Tanah Laut, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala BBPP Binuang, Kepala BSIP Kalimantan Selatan, BSIP Lahan Rawa, SMK PP Banjarbaru, Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Forkopimda Kecamatan Bumi Makmur dan para petani di sekitar Desa Handil Babirik.

Kegiatan tersebut diawali dengan penanaman padi secara serentak oleh para pejabat yang hadir dengan menggunakan alat tanam padi ‘landak’ untuk mempercepat pertanaman pada lahan yang masih cenderung kering.

Penjabat Bupati Tanah Laut, Ir. H. Syamsir Rahman,MS menyampaikan bahwa kegiatan tanam serentak merupakan bentuk komitmen dari pemerintah daerah untuk terus menjadikan pertanian sebagai sektor utama pembangunan di tengah kondisi darurat pangan yang saat ini menjadi ancaman serius bagi ketersediaan pangan nasional.

Selanjutnya, Pj Bupati juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para petani karena telah menjadi pahlawan pangan yang tak lelah dalam mengelola lahan pertaniannnya dengan berbagai kendala yang dihadapi di lapangan.

BSIP Kalsel sebagai salah satu UPT Kementerian Pertanian di Provinsi Kalimantan Selatan berkomitmen untuk terus mendorong dan mendukung program strategis Kementerian Pertanian.

Program strategis saat ini adalah Perluasan Areal Tanam (PAT) yang dibagi menjadi kegiatan Optimalisasi Lahan (OPLA), Pompanisasi dan Tumpang Sisip. Dukungan BSIP Kalimantan Selatan adalah pengawalan agar target-target dapat tercapai dilapangan. Harapan utama, swasembada pangan dapat terwujud dalam masa akan datang.

Related News