• 18 October 2024

Alasan Kandang Ayam Semi Umbaran Lebih Menguntungkan

uploads/news/2024/10/alasan-kandang-ayam-semi-65627f3461e7b87.jpg

'Memang tidak ada ukuran pasti untuk ukuran maupun jumlah koloni setiap kandang ayam semi umbaran. Tujuan utama agar kesejahteraan ayam dapat lebih terjaga sehingga kesehatannya makin bagus bagi perkembangan tubuh."

Jagadtani - Berbagai langkah dilakukan agar perkembangan ayam kampung dapat melakukan produksi hingga pertumbuhannya lebih terjaga. Termasuk mengadopsi kandang ayam semi umbaran.

Kandang Ayam semi umbaran telah diadopsi oleh banyak peternak ayam kampung. Hal tersebut dibuktikan oleh Yamin, pria yang menekuni budidaya ayam dan juga seorang sekuriti.

"Bagi saya, memelihara ayam menggunakan kandang semi umbaran lebih banyak keuntungannya. Terlebih dalam memantau perkembangan ayam, dibandingkan diumbar yang terkadang kesehatan ayam tidak dapat diketahui."

Selain itu, bagi Yamin ada banyak keunggulan dalam mengadopsi kandang umbaran. Kandang semi umbaran yang menggunakan pagar pada sekelilingnya dan atap dengan berbagai ukuran dapat memberikan keuntungan.

Agar Sahabat Tani lebih keuntungan dalam menggunakan kandang ayam semi umbaran sebagai berikut:

Ayam lebih terlindungi dari berbagai kondisi cuaca

Kondisi cuaca yang tidak menentu dapat membuat kesehatan ayam terganggu. Ayam yang diumbar atau dilepas dapat terkena hujan sehingga berpotensi mengganggu kesehatannya.

Begitu pula dengan cuaca yang terlalu panas, ayam akan mudah dehidrasi. Keadaan ini sangat mengganggu perkembangan ayam kampung.

Bagi ayam betina yang sedang mengerami telurmya juga akan lebih terjaga. Atap pada kandang ayam semi umbaran mampu menjaga suhu udara lebih stabil.

Ayam tidak mudah stress pada kandang semi umbaran 

Kesejahteraan ayam bagian wajib yang harus diperhatikan, termasuk tingkat stress atau kepanikannya. 

"Ayam yang stres akan menghambat pertumbuhan hingga produktivitas. Tentunya keadaan ini berdampak pada kesehatan ayam, hingga ayam tidak melakukan perkawinan. Ini pasti merugikan bagi peternak ayam karena biaya pakan tetap berjalan," ungkap Yamin.

Dengan ayam berada di dalam kandang semi umbaran, dapat dipastikan hidup lebih sejahtera dibandingkan berada di dalam kandang baterai.

Kesehatan ayam makin terjaga

Biasanya, kandang ayam semi umbaran akan memiliki dua bagian. Satu bagian untuk tempat mengerami dengan bagian lainnya berfungsi sebagai area umbaran.

Tentunya kebersihan kandang lebih mudah dijaga karena dalam membersihkan dapat lakukan setiap saat. 

"Biasanya untuk umbaran dapat berupa tanah atau sekam dicampur kapur dolomit. Penggunaan kapur dolomit dapat mengurangi aroma kotoran ayam. Agar lebih terjaga kebersihan kandang maka harus rutin mengalami pergantian alas umbaran." Pungkas Yamin pada tim Jagadtani.

Berkat menggunakan kandang ayam semi umbaran, tentunya Sahabat Tani dapat beternak dengan sistem urban farming. Terlebih harga ayam kampung lebih menguntungkan dibandingkan ayam pedaging.

Related News