• 23 October 2024

Sinergitas Perhutani Dan PemKab Purwakarta Kelola Hutan

uploads/news/2024/10/perhutani-42520a09048df6d.jpg

Jagadtani - Koordinasi dalam memperkuat sinergitas pengelolaan hutan dilakukan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta melalui koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta di Kantor Bupati Purwakarta, pada Senin (07/10).

Hadir dalam kegiatan ini Administratur KPH Purwakarta Widi Wiliady, yang didampingi Wakil Administratur KPH Purwakarta Mulyana Kurniawan beserta jajaran. Sementara mewakili jajaran Pemerintah Daerah, hadir Pj. Bupati Purwakarta Benni Irwan, yang didampingi oleh Kepala Bagian dan Subbagian di Lingkungan Setda Purwakarta, serta Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah II Purwakarta Lasmawati.

Dalam kesempatan tersebut, Administratur KPH Purwakarta, Widi Wiliady menyampaikan pentingnya menjaga sinergitas yang erat dengan pemerintah daerah dalam pengelolaan hutan.

Widi Wiliady menegaskan bahwa melibatkan masyarakat di sekitar hutan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sangat krusial. “Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan membawa perubahan untuk mewujudkan hutan yang lestari dan masyarakat yang sejahtera, sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Perhutanan Sosial pada Kawasan Hutan dengan Pengelolaan Khusus,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Benni Irwan mengapresiasi langkah sigap manajemen Perhutani dalam menjaga kelestarian lingkungan dan ketahanan pangan, yang melibatkan masyarakat Desa Hutan di Kabupaten Purwakarta. “Kami bangga karena upaya ini berjalan lancar dan kondusif. Yang membuat kami bangga adalah kepedulian terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar, dan tidak ada konflik,” ungkap Benni Irwan. (Kom-PHT/PWK/MP)

Related News