• 18 October 2024

BSIP Identifikasi Komoditas Perkebunan Unggulan di Kota Pagar Alam

uploads/news/2024/10/bsip-identifikasi-komoditas-perkebunan-5539015372d3edd.jpg

Jagadtani - Terkenal dengan keindahan alam kota Pagar Alam membuat kota di provinsi Sumatera Selatan di juluki Beauty of South Sumatera, kerap menjadi tujuan wisatawan berlibur. 

Kontur pegunungan dan perbukitan yang subur, membuat pertanian menjadi andalan masyarakat yang berada di kota seluas 633,66 km².

Selain perkebunan sayur mayur, teh, kota Pagar Alam telah memiliki komoditas unggulan, yakni kopi Robusta dan Arabika telah mampu menembus pasar nasional maupun internasional dengan keunggulan rasa berupa strong bitter. 

Namun untuk terus menggali potensi perkebunan di Sumatera Selatan, khususnya kota Pagar Alam maka Tim kegiatan Identifikasi Kebutuhan Standar Instrumen Pertanian Spesifik Lokasi Komoditas Perkebunan BSIP Sumsel demi berupaya memenuhi kebutuhan para petani.

Terlebih kota Pagar Alam dengan produk unggulan kopi Robusta dan Arabika telah mampu menembus pasar nasional maupun internasional dengan keunggulan rasa berupa strong bitter.

Untuk mempertahankan keunggulan komoditi kopi, BSIP Sumsel terus membina dan mengawal kopi Pagar Alam mulai dari hulu sampai dengan hilir. Pembinaan kopi diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan standar budidaya kopi sampai dengan penerapan standar oleh petani dan IKM kopi. 

Bersinergi dengan Dinas Pertanian Kota Pagar Alam, BSIP Sumatera Selatan mengidentifikasi kebutuhan standar para petani kopi Arabika seluas 100 ha yang berlokasi Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara.

Dalam kegiatan identifikasi dilakukan oleh tim BSIP Sumatera Selatan, mereka memastikan berbagai langkah pendampingan mulai dari pembibitan, pengolahan lahan, pemupukan dan pemeliharaan tanaman kopi.

Related News