• 22 October 2024

Mengenal Warisan Kuliner Indonesia “Nasi Jagung”, Gen Z Wajib Tahu!

"Perbedaan kondisi alam dari Sabang hingga Merauke membuat Indonesia kaya dengan keanekaragaman budaya yang menciptakan berbagai warisan-warisan budaya yang patut di lestarikan. Warisan kuliner Indonesia terkenal dengan cita rasa yang telah menembus Internasional, termasuk jagung sebagai makanan pokok sumber karbohidrat sebagai pengganti nasi."

Jagadtani - Di zaman modernisasi saat ini, mungkin nasi jagung terdengar asing di telinga para generasi Z atau sebutannya gen Z yang diketahui memiliki kelahiran dari 1997 hingga 2012.

Untuk itu, mari kita lestarikan warisan-warisan kuliner Indonesia dari generasi ke generasi dengan mengenalkan serta memberikan informasi yang bermanfaat agar tetap eksis dan semakin dikenal dunia.

Sego jagung, makanan pokok pengganti nasi"Sego jagung, makanan pokok pengganti nasi"
 
Sejarah Nasi Jagung

Nasi jagung yang juga dikenal dengan nasi ampok atau empog, merupakan warisan kuliner Indonesia khas Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Pada zaman dahulu, ketika masa paceklik atau masa sulit tanam, dimana saat itu kondisinya beras sulit didapatkan, nasi jagung menjadi penyelamat masyarakat sebagai pilihan untuk dijadikan makanan pokok pengganti nasi.

Nasi jagung dipilih sebagai makanan pokok pada saat itu karena mudah diperoleh, mudah dibudidayakan, serta tidak memerlukan biaya besar dan perawatan yang rumit. 

Cara Pembuatan Nasi Jagung:

  1. Seperti namanya, nasi jagung terbuat dari jagung tua yang telah dipipil atau dipisahkan dari tongkolnya, kemudian dikeringkan dan dihancurkan agar teksturnya berubah menyerupai nasi.
  2. Setelah proses penghancuran jagung menjadi butiran-butiran kecil, kemudian jagung-jagung yang telah dihancurkan tersebut direndam di air selama kurang lebih satu jam. Proses ini dilakukan dengan tujuan agar jagung lebih mudah diolah.
  3. Lalu setelah direndam selama kurang lebih satu jam, kemudian ditiriskan.
  4. Terakhir, masukkan ke rice cooker, sebagai variasi Sahabat Tani bisa campurkan nasi putih, nasi merah, dan jenis nasi lainnya dengan perbadingan sesuai selera yang Sahabat Tani inginkan.
Nasi jagung dengan sayur mayur dan lauk"Nasi jagung dengan sayur mayur dan lauk"
 

Manfaat Konsumsi Nasi Jagung

Melansir Hellosehat, mengonsumsi nasi jagung memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti dapat menjaga berat badan, mengontrol kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata, memberikan energi bagi tubuh, memelihara kesehatan tulang, mencegah pembentukan batu ginjal, dan mendukung kinerja otak.

Related News