• 23 October 2024

Langkah Membuat Sayur Dan Buah Tetap Segar Demi Kebugaran Tubuh

Jagadtani - Sayur dan buah yang dikonsumsi dalam keadaan segar, dipastikan memberikan manfaat dalam menjaga kebugaran tubuh. Namun harus dipastikan kesegaran produk tersebut terjamin.

Untuk menjaga kesegaran buah dan sayur, maka terdapat teknologi Penanganan Produk Segar Hasil Budidaya Tanaman Melalui Pemanfaatan Pekarangan, menjadi tema pelatihan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) (15/10).

Diadakan Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang bertempat di kantor BPP Kecamatan Sumowono. Pelatihan diikuti 30 peserta anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan Narasumber pelatihan dari BPSIP Jawa Tengah.

Pelatihan P2L dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan produk segar hasil pekarangan supaya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehingga bisa mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga.

pelatihan Pekarangan Pangan Lestari"pelatihan Pekarangan Pangan Lestari"

Selain itu hasil panen bisa dijadikan produk yang lebih menarik, panjang umur simpannya dan lebih bernilai ekonomis sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Peserta hendaknya memanfaatkannya dengan baik, amanah dan tanggung jawab, dengan diisi kegiatan yang bermanfaat pan produktif. Demikian Kepala Dispertanikap Kab Semarang dalam sambutannya.

Materi BPSIP Jateng memaparkan tentang Prinsip penanganan Pasca panen yang baik/Good Handling Practice (GHP).

Pembahasan, diskusi serta praktek tentang pentingnya penanganan pasca panen yang tepat untuk mempertahankan kualitas produk, mengurangi kerugian, memperpanjang umur simpan produk, meningkatkan nilai ekonomis produk.

Tahapan kegiatan dari pemetikan, pengumpulan, pembersihan, sortasi, grading, pengemasan penyimpanan hingga distribusinya, serta pengenalan teknik pengemasan produk sayur segar dicermati peserta dengan antusias.

Tak ketinggalan pula, diberikan kiat-kiat menambah pendapatan dari produk segar hasil pemanfaatan lahan pekarangan. 

Pelatihan ini diharapkan dapat membuka wawasan peserta terkait Pemanfaatan pekarangan pangan lestari, khususnya penanganan produk segar sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan keluarga, dan peningkatan pendapatan keluarga. 

Related News