• 22 October 2024

Petani Swadaya Semangat Lakukan Tanam Padi Perdana

uploads/news/2024/10/petani-swadaya-semangat-lakukan-55841f5a5612e50.jpeg

Jagadtani - Mengevaluasi perkembangan pertanian di wilayah tersebut serta mendengar langsung permasalahan yang dihadapi oleh para petani, Sekretaris Ditjen Perkebunan, Heru Tri Widarto, melakukan kunjungan ke kelompok tani (Poktan) Merek di Desa Kalibaru, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. 

Poktan Merek mengelola lahan seluas 10 hektar dengan jenis benih Ciherang. Tantangan utama bagi keberlangsungan usaha pertanian mereka yaitu ketersediaan air. Sumber air utama berasal dari irigasi aliran Kali Tanah Asin, namun para petani mengaku kesulitan akibat kondisi kekeringan yang melanda.

Dalam pernyataannya, Heru menekankan, “Pemerintah berkomitmen untuk membantu para petani dalam menghadapi tantangan ini. Kami akan berupaya mengalokasikan bantuan yang diperlukan, termasuk dalam pengadaan pompa air, agar produktivitas pertanian dapat meningkat,” (18/10).

Pada kesempatan yang berbeda Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman juga menegaskan pentingnya dukungan infrastruktur dan teknologi bagi petani agar mereka dapat berproduksi dengan optimal dan mengatasi tantangan yang ada.

Sementara itu, perwakilan petani poktan merek menyampaikan harapannya, “Kami sangat mengapresiasi kunjungan ini. Dukungan dari pemerintah sangat penting bagi kami, terutama dalam mengatasi masalah air. Dengan bantuan yang tepat, kami yakin dapat meningkatkan hasil panen kami ke depannya.”

Kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang bagi Poktan Merek untuk mendapatkan bantuan dan program-program pemerintah yang dapat mendukung kegiatan pertanian mereka.

Related News