• 29 March 2024

Minuman Detoksifikasi dari Lemon

uploads/news/2020/03/minuman-detoksifikasi-dari-lemon-192752d28edca08.jpg

Minuman ini sangat baik untuk kesehatan perut dan jantung. Ramuan ini juga membantu menghilangkan racun dan asam lemak dalam tubuh.

JAKARTA - Menikmati buah dengan bermacam varian memang bukan hal biasa. Mulai dengan menyantap secara langsung, membuat jus, membuat smoothies, bahkan salad sekalipun. Warna yang cerah dan mempesona menjadi ciri khas dari buah-buahan, sama halnya dengan lemon.

Buah yang satu ini merupakan gen citrus bernama latin Citrus limon, berbentuk oval berwarna kuning cerah. Dapat dikonsumsi secara langsung, atau sebagai bahan tambahan bumbu masakan dan juga salad merupakan keunggulan lemon. Ada beberapa jenis lemon yang dapat Sahabat Tani temui di belahan dunia, namun yang paling digemari masyarakat Indonesia ialah jenis lemon California dan Amerika.

Di Indonesia, jeruk lemon masih kalah peminat dengan saudaranya jeruk nipis (Citrus aurantifolia) atau lime. Meski demikian, bukan berarti lemon kalah bergizi juga dari jeruk nipis maupun spesiesnya. Si buah cerah ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibanding jeruk nipis, serta kaya akan nutrisi baik bagi tubuh. Sari lemon yang ada di dalamnya terdiri dari lima sampai enam persen asam sitrat yang melimpah sehingga menjadikannya berasa asam.

Melansir dari Webkesehatan.com, buah lemon juga memiliki senyawa fitokimia seperti polifenol, terpenes, naringin, naringenin, hesperidin, diosmin dan sebagainya. Selain itu terdapat vitamin B6, potasium, zat besi, magnesium, kalsium dan juga serat pangan. Maka tak heran jika lemon menjadi buah multifungsi yang diminati banyak orang.

Zaman silih berganti, prinsip meningkatkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi lemon sedang menjadi tren masyarakat. Kini tak jarang melihat orang membawa botol minum berisikan air rendaman lemon atau yang biasa disebut infused water. Tren menjadikan lemon sebagai infused water merupakan kewajiban yang harus diikuti bagi beberapa orang, tidak hanya dari kalangan artis masyarakat urban pun juga mengikuti tren tersebut.

Dengan menggunakan potongan lemon sebagai minuman infused akan terasa lebih menyegarkan. Namun, lain halnya jika campuran lemon sendiri dapat menjadi detoks bagi tubuh. Minuman detoks kini menjadi populer dan diikuti oleh banyak orang, karena minuman ini merupakan campuran dari buah-buahan dan sayuran yang mudah dinikmati untuk menurunkan berat badan dengan waktu yang singkat.

Hal ini disebabkan oleh kandungan yang ada di dalam minuman tersebut diklaim sebagai penghilang racun dalam tubuh dan juga dapat meningkatkan metabolisme. Menurut Ahli gizi, Anupama Menon, cara terbaik mengkonsumsi lemon yaitu dengan menjadikannya minuman ramuan, yang di dalamnya terdapat jahe dan juga kayu manis.

Tidak hanya untuk mendetoks, namun ramuan tersebut dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Di mana kandungan jahe, lemon, dan kayu manis merupakan bahan yang bersifat alkali.

“Sangat baik untuk kesehatan perut dan jantung. Ramuan ini juga membantu menghilangkan racun dan asam lemak yang memicu berat badan” Ucapnya seperti melansir Times of India, belum lama ini.

Selanjutnya bagaimana cara membuat minuman ramuan tersebut? Berikut beberapa cara yang dapat Sahabat Tani coba saat di rumah. Mengutip dari Medcom.id, cukup dengan merebus sekitar satu liter air di panci, lalu tambahkan sedikit irisan jahe ke dalam air mendidih setelah itu tambahkan batang kayu manis.

Biarkan ramuan tersebut dipanaskan selama 15-20 menit kemudian matikan kompor hingga ramuan tersebut menjadi dingin. Setelah dingin, masukkan potongan lemon ke dalam ramuan tadi. Maka ramuan detoks pun sudah siap dikonsumsi. Ketiga bahan tersebut menjadi kombinasi yang kuat,  lemon yang mengandung ekstrak vitamin C tinggi dan juga kaya akan anti-oksidan dapat mengurangi lemak.

Sementara jahe dikenal sebagai bahan utama obat-obatan tradisional yang mengatur kadar gula dalam tubuh sehingga dapat menahan rasa lapar. Adapun kandungan kayu manis sebagai penyembuh alami untuk tubuh serta membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Nah, kini saatnya bagi Sahabat Tani untuk mencoba!

Related News