• 20 April 2024

Hidroponik, Peluang Usaha yang Menjanjikan

uploads/news/2020/08/hidroponik-peluang-usaha-yang-26867e72d8e8695.jpg

Kini semakin banyak masyarakat yang mengenal sayuran hidroponik dan merasakan kelebihannya, makanya permintaan juga semakin banyak.

JAKARTA - Sayuran dan buah yang dihasilkan melalui penanaman dengan sistem hidroponik, semakin diminati masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Hal itu yang membuat para petani hidroponik setempat semakin bersemangat.

Kini semakin banyak masyarakat yang mengenal sayuran hidroponik dan merasakan kelebihannya, makanya permintaan juga semakin banyak. Kini, pertanian sistem hidroponik ini juga semakin dilirik sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan,” ujar Ketua Petani Hidroponik Sampit, Heru Prayitno, kepada ANTARA belum lama ini.

Baca juga: Memanfaatkan Atap untuk Bercocok Tanam

Bertani dengan sistem hidroponik dinilai sangat menguntungkan dan bisa dilakukan siapa saja.

Buktinya, lanjutnya, komunitas yang dipimpinnya memiliki anggota dari berbagai profesi.

Namun, mereka masih bisa menjalankan hobi bertani hidroponik yang kini justru bisa memberikan penghasilan tambahan.

Pertanian yang mengandalkan air nutrisi ini dinilai lebih mudah dan bisa dilakukan kapan saja, tanpa mengenal musim.

Ini sangat berbeda dengan pertanian menggunakan tanah sebagai media tanam yang memerlukan berbagai persiapan, seperti mengolah tanah, dan persiapan lainnya.

Sistem hidroponik juga tidak menggunakan pestisida, sehingga dinilai mampu menghasilkan sayuran dan buah yang lebih sehat.

Selain itu, pertanian dengan sistem ini bisa dilakukan kapan saja tanpa mengenal musim.

Dibentuknya komunitas, kata Heru, diharapkan dapat membuat petani hidroponik semakin bersemangat dan bisa lebih mengembangkan usahanya.

Komunitas ini menjadi tempat belajar bersama, berbagi informasi, bahkan berbagi rezeki dengan saling mencukupi jika ada permintaan sayuran jenis tertentu dalam jumlah banyak.

Hidroponik dinilainya memiliki potensi cukup bagus, karena permintaan yang terus meningkat.

Baca juga: Akuaponik Bambu Ala Wakapolsek

Kami membuat program untuk bersama-sama belajar dan meningkatkan kapasitas, agar semua bisa maju. Semoga perkembangannya semakin baik, sehingga bisa membawa manfaat bagi banyak orang,” harapnya.

Sementara itu, selain menjual sayuran hidroponik secara langsung, kata dia, kini mulai ada yang mengembangkan produk berbahan sayuran hidroponik seperti jus segar dan kue berbahan pakcoy.

Inovasi ini diharapkan, bisa menghasilkan nilai tambah yang menguntungkan dalam bisnis pertanian hidroponik.

Related News