• 6 October 2022

Kontes Nasional Ayam Serama

uploads/event/2022/06/kontes-nasional-ayam-serama-52740f2f61791d7.jpg

Kota Bogor menjadi tuan rumah kontes nasional seni dan kecantikan ayam serama. Ajang bergengsi yang ditunggu-tunggu para penghobi ayam serama ini akan digelar di Bogor Creative Center, Jalan Ir. H. Juanda No.4, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, 12 Juni 2022.

Ketua Panitia Pelaksana, Veby Rusdiana mengatakan, kontes nasional ayam serama di Kota Bogor merupakan event perdana yang diselenggarakan Paguyuban Serama Bogor (PSB). Event ini selain menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antarpenghobi, bertujuan juga untuk lebih memperkenalkan ayam serama kepada masyarakat luas.

"Untuk di Kota Bogor sendiri baru pertama kali diadakan kontes nasional seni dan kecantikan ayam serama dengan penyelenggara PSB. Tujuannya, kita ingin memajukan serama di Indonesia dan Kota Bogor khususnya, kemudian untuk memperkenalkan serama dengan harapan bisa menjadi ikon baru di Kota Bogor," ujarnya, Sabtu (4/6).

Veby menjelaskan, sejauh ini secara persiapan terbilang sudah matang, dalam artian tinggal pelaksanaan pada hari H atau 12 Juni. Sesuai jadwal, lanjutnya, event tersebut dimulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dan rencananya akan dibuka oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim.

Dalam kontes ini, terdapat 18 kategori kelas yang diperlombakan. Antara lain, laga bintang anak, laga bintang betina, laga bintang jantan dewasa, anakan jantan A, anakan betina A, anakan jantan B dan anakan betina B.

Kemudian, betina remaja, betina dewasa, jantan remaja, jantan muda, jantan tanpa lawi, jantan dewasa A, jantan dewasa B, raja kebas, best of the best, best of female dan best of chick. Sementara untuk penilaian, PSB melibatkan tiga juri, yakni Eka Septian, Ikhwan Suhada dan Ralls.

"Dan di Kota Bogor ini ada spesial untuk kelas ayam serama favorit, di mana juaranya akan dipilih langsung pak wakil wali kota Bogor. Tapi khusus kelas ini pesertanya terbatas," imbuh Veby.

Veby memastikan ratusan penghobi ayam serama dari berbagai daerah di Indonesia akan datang untuk unjuk kebolehan ayam terbaiknya di panggung meja. Mereka untuk memperebutkan piala, piagam dan juga uang pembinaan.

"Target kita antara 200 sampai 300 peserta yang ikut kontes dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti di Jawa Barat dari Jabodetabek, Cianjur, Bandung dipastikan akan ikut. Untuk Jawa termasuk beberapa di luar Jawa juga akan hadir," tuturnya.

Di kota berjuluk Kota Hujan ini, PSB tak hanya menyelenggarakan kontes ayam terkecil di dunia, tapi juga akan menghadirkan berbagai produk UMKM setempat. "Betul, kita menggandeng para pelaku UMKM di kontes ini untuk sama-sama membangkitkan ekonomi di Kota Bogor," katanya.

Comment

Event News