• 20 April 2024

Pentingnya Sterilisasi Pada Kucing

uploads/news/2021/04/pentingnya-sterilisasi-pada-kucing-18916f7b868e161.jpg

"Kucing yang sudah dilakukan sterilisasi dan yang belum, akan terlihat jelas perbedaannya"

Jakarta - Sterilisasi merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap kucing. Banyak manfaat yang akan dirasakan oleh kucing setelah dilakukan sterilisasi.

Sahabat tani pecinta kucing, tentunya ingin hewan peliharaannya sehat, bukan?

Untuk menekan populasi kucing di tahun 2021 yang semakin melonjak khususnya di DKI Jakarta, steril merupakan langkah yang tepat.

Seperti Chika, warga Lebak Bulus yang sudah melakukan steril pada sembilan ekor kucing peliharaannya.

Baca JugaViral! Cacat Heterokromik Pembawa Berkah

"Ya memang, Steril itu mahal. Biaya steril satu kucing betina bisa berkisar 350-700 ribuan tergantung ras/jenis kucingnya. Tapi setelah dilakukan steril, kucing kita akan lebih sehat, gemuk, lebih tenang dan lebih manja. Banyak manfaatnya, kok," Ujarnya saat ditemui Jagadtani.id baru-baru ini.

Kucing yang sudah dilakukan sterilisasi dan yang belum, akan terlihat jelas perbedaannya. Berikut perbedaan kucing setelah di setrilisasi.

Kucing akan lebih tenang
Biasanya kucing yang telah di-steril akan terlihat lebih tenang dan jarang stress. Berbeda ketika sebelum dilakukan steril, kucing akan terlihat agresif ketika birahi.

Baca JugaKucing Busok, Leopard dari Madura

Kucing akan sangat manja

Kucing setelah beranjak dewasa umumnya sudah tidak tertarik akan mainan, mereka cenderung mengabaikan. Kucing yang sudah di-steril akan terlihat kembali seperti saat dimana mereka berusia anak-anak. Mereka akan semakin suka bermain-main dan waktu makan mereka akan bertambah selama satu hari itu. Kondisi fisik juga semakin bagus, mereka akan cenderung memiliki badan yang berisi. Karena setelah mereka makan, mereka akan bermain sampai mereka akhirnya tertidur. Pertumbuhan bulu juga akan lebih bagus.

kekebalan tubuh meningkat

Kucing akan memiliki kekebalan tubuh dan mengurangi resiko penyakit berat. selain ini bulu pada kucing lebih terlhat sehat dan tumbuh lebat. Bulu akan terlihat mengkilap, terasa lembut, dan tidak mudah rontok.

Baca JugaTips Jitu Merawat Bulu Kucing

Mengurangi spraying dan marking

Kucing merupakan salah satu hewan teritorial. Mereka akan menandakan lokasi mereka tinggal dengan berbagai cara, salah satunya adalah menyemprotkan urin ke tembok atau wilayah mereka.

Tidak jarang banyak yang mengurungkan niatnya untuk melakukan sterilisasi pada kucing kesayangannya. Selain akan bertambahnya biaya perawatan kucing, mereka akan lebih sering membeli pakan daripada sebelum di-steril.

Sahabat tani tidak perlu khawatir akan besaran biaya sterilisasi. Banyak vet dan puskeswan yang melakukan program Steril bersubsidi yang bisa menekan harga steril kucing maupun anjing.

Baca JugaAlasan Kucing Dilarang Makan Nasi

Chika selalu mencari informasi dari grup whatsapp mengenai steril subsidi untuk menghemat biaya perawatan.

"setelah dapat info itu, biasanya nama kita dicatat. Berapa ekor kucing yang akan dilakukan steril, ras/jenis kucingnya, (jenis kelamin) jantan atau betina. Kemudian atur jadwalnya," Tutupnya.

Related News