• 18 July 2024

Hadirnya Varietas Benih Unggul Hidroponik

uploads/news/2021/04/hadirnya-varietas-benih-unggul-44447566288f3c2.jpg

"Produksi benih unggul sayuran khusus hidroponik segera masuk ke pasar berkat dukungan ahli-ahli pemulia tanaman serta teknologi mutakhir"

JAKARTA – Budidaya hidroponik kini tengah menjamur di kota-kota besar di Indonesia, apalagi saat masyarakat tengah dihadapi pandemi COVID-19 yang mengharuskan untuk tetap berada di rumah. Budidaya ini sebagian besar masih sebatas hobi, ternyata melalui hobi tersebut dapat memiliki prospek yang menguntungkan.

Hobi menguntungkan dari bercocok tanam secara hidroponik juga diketahui dari penjualan secara daring oleh para penjual yang mengalami kenaikan sampai dengan 10 kali lipat. Data ini sejalan dengan aktivitas pertanian perkotaan yang mengalami kenaikan sampai dengan lima kali lipat.

Baca Juga: Tips Memilih Media Tanam Hidroponik

Faktanya, tingkat konsumsi sayuran di Indonesia masih tergolong cukup rendah, yaitu 33 kilogram per kapita per tahun. Padahal sejumlah negara lain, di antaranya China konsumsi sayurannya sudah mencapai 234 kilogram per kapita per tahun. Berdasarkan angka dari data tersebut, diperkirakan dalam sepuluh tahun kedepan,masyarakat Indonesia akan meningkatkan konsumsi sayurannya menjadi 64 kilogram per kapita per tahun. Tak hanya membeli sayuran, akan diprediksi bahwa masyarakat akan memasok sayuran dirumah dengan menanam sendiri, salah satunya melalui cara bertani hidroponik.

PT East West Seed Indonesia (Ewindo), yang di kalangan petani dikenal merek "Cap Panah Merah" telah memproduksi lebih dari 150 varietas benih sayuran yang memberikan hasil panen melimpah. Perusahaan benih sayuran tropis hibrida ini, rupanya tengah mengembangkan varietas khusus untuk petani hidroponik seiring kian maraknya hobi bertani di wilayah perkotaan selama pandemi COVID-19.

Baca Juga: Tips Rahasia Menanam Melon Hidroponik

Managing Director Ewindo, Glenn Pardede mengatakan, "Benih untuk hidroponik harus dirancang tahan terhadap penyakit, daya tumbuh dan produktivitasnya tinggi, varietas tersebut juga akan memiliki bobot lebih besar sehingga lebih menguntungkan bagi petani hidroponik," ujarnya mengutip dari Antara.

Glenn optimis produksi benih unggul sayuran khusus hidroponik segera masuk ke pasar berkat dukungan ahli-ahli pemulia tanaman serta teknologi mutakhir "molecular marker". Ia juga menjelaskan, beberapa benih sayur yang sangat digemari masyarakat adalah benih kangkung, bayam, pakcoy, sawi, lettuce dan kalian.

Baca Juga: Tips Jitu Sistem Tanam Hidroponik

"Salah satu yang sangat digemari para pegiat hidroponik adalah Pakcoy Nauli F1 yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga tinggi, memiliki batang yang besar dan kokoh serta warna yang menarik," ungkap Glen.

Lalu, untuk Sahabat Tani yang ingin mencoba menanam sayuran hidroponik namun belum mengetahui cara yang tepat untuk bercocok tanam, menurut Glen sekarang belajar bertanam sayuran hidroponik saat ini tersedia banyak tutorial melalui kanal-kanal Youtube. Salah satunya melalui kanal Youtube pertanian Jagadtani Tv. Harapan Glen, hidroponik tidak hanya jadi sekedar hobi bagi masyarakat, namun dapat sebagai penghasilan pribadi.

Baca Juga: Hidroponik Jadi Penyelamat dikala Pandemi

Related News