• 29 March 2024

Pupuk Indonesia Raih Penghargaan Terbaik

uploads/news/2021/04/pupuk-indonesia-raih-penghargaan-81707736486aa5a.jpg

“Penghargaan yang diperoleh Pupuk Indonesia ini akan meningkatkan semangat untuk menyukseskan program transformasi bisnis ini..”

JAKARTA – PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama pemerintah saat ini sedang merumuskan pola yang lebih baik untuk menyalurkan pupuk subsidi agar lebih tepat sasaran, salah satunya melakukan sejumlah inisiatif strategis terhadap rencana perubahan pola subsidi pupuk. Kemudian menjalankan retail management serta menginisiasi program Agro Solution.

Agro Solution adalah program pendampingan lengkap hulu-hilir pertanian, mulai dari input pertanian, akses permodalan, kepastian pembelian hasil panen (offtaker), hingga asuransi pertanian.

Baca Juga: Kementan Tambah Alokasi Pupuk Bersubsidi

Dengan pola yang dilakukan tersebut, kemudian Pupuk Indonesia menerima penghargaan "The Best Corporate" dan kategori Transformasi Bisnis dan Organisasi Terbaik I serta "The Best CEO" dan "Best CEO Strategic Orientation". Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman yang menerima penghargaan tersebut dalam ajang Anugerah BUMN 2021 mengatakan, transformasi bisnis bagi Pupuk Indonesia grup saat ini adalah sebuah tantangan besar mengingat persaingan bisnis yang dihadapi saat ini semakin kompetitif dan menantang.

“Untuk menghadapi tantangan strategis tersebut, Pupuk Indonesia menjalankan dan mengakselerasikan program transformasi bisnis,” ujar Bakir, mengutip dari Antara.

Baca Juga: Panen Pakcoy di depan Rumah

Bakir kembali menegaskan, “Selain itu, kami juga sedang meningkatkan penjualan dan pengenalan produk komersial, mengubah mindset dari production centric menjadi customer centric, serta melakukan revamping atau mendirikan pabrik baru,” tegasnya.

Menurutnya tantangan bisnis Pupuk Indonesia di antaranya adalah adanya rencana perubahan pola subsidi pupuk, pangsa pasar produk komersial atau nonsubsidi yang masih belum optimal, kondisi perusahaan yang masih berorientasi pada produk, usia sebagian pabrik yang sudah tua, dan berbagai tantangan strategis lainnya.

Empat anggota holding Pupuk Indonesia lainnya turut menerima penghargaan yaitu PT Pupuk Kaltim meraih kategori Transformasi Bisnis dan Organisasi Terbaik II, PT Petrokimia Gresik kategori Pengembangan Talenta Unggul Terbaik I, PT Pupuk Sriwdijaja kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik II, dan Direktur Utama Rekayasa Industri Alex Dharma Balen meraih CEO Talent Development Anak Perusahaan BUMN Terbaik.

Baca Juga: Memanfaatkan Limbah Kelapa Untuk Tanaman

Adapun untuk manajemen ritel, Bakir menjelaskan “Dalam program ini, Pupuk Indonesia memberikan keyakinan pada petani meskipun menggunakan pupuk non-subsidi, tetapi bisa memperoleh keuntungan besar,” jelasnya.

Untuk sasaran transformasi digital, Pupuk Indonesia akan menjalankan program Retail Management System (RMS) yang menjadi ujung tombak bagi pemasaran produk komersial. Selanjutnya Distribution Planning and Control System (DPCS) untuk memantau distribusi dan posisi stok secara realtime, serta mendirikan Supply Chain Command Center.

Baca Juga: Pupuk Buatan Kelompok Ternak Klaten

“Penghargaan yang diperoleh Pupuk Indonesia ini akan meningkatkan semangat untuk menyukseskan program transformasi bisnis ini. Sehingga menjadikan Pupuk Indonesia sebagai perusahaan nasional berkelas dunia untuk nutrisi tanaman dan solusi pertanian yang berkelanjutan,” tutupnya.

Related News