• 20 April 2024

Menanam Jeruk di Pekarangan Rumah

uploads/news/2021/04/menanam-jeruk-di-pekarangan-66852187b6c2b88.jpg

"Keuntungan menanam tabulampot jeruk adalah berbuah bisa lebih cepat dibandingkan dengan ditanam di kebun"

Jakarta - Upaya peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan keluarga dapat dilakukan salah satunya dengan cara pemanfaatan pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga.  Di daerah perdesaan  pemanfaatan lahan pekarangan ini masih dapat dilakukan dengan menanam berbagai jenis tanaman sayuran maupun buahan dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang masih relatif tersedia cukup luas, namun berbeda halnya dengan di wilayah perkotaan, pekarangan yang sempit menjadikan kendala utama dalam memanfaatkan pekarangan tersebut.

Namun, pada dasarnya pekarangan yang sempit bukan lah semua masalah jika ingin tetap memanfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman sayuran ataupun buah-buahan. Solusinya dapat dilakukan dengan bertanam sayur ataupun buah didalam pot  atau yang sering kita kenal dengan istilah tabulampot. Dari segi estetika Tabulampot tidak hanya bisa kita nikmati hasil daun atau buahnya namun juga berperan sebagai tanaman hias yang dapat menambah keindahan pekarangan rumah. Banyak  jenis tanaman sayuran dan buahan yang bernilai estetika tinggi dan bisa ditanam dalam pot salah satunya adalah tanaman jeruk.

Jeruk merupakan komoditas buah unggulan nasional yang memiliki nilai ekonomi tinggi, adaptasinya sangat luas, sangat populer dan digemari hampir seluruh lapisan masyarakat, dan nilai impornya cenderung meningkat dengan citarasanya yang manis dan segar. Kandungan vitamin dan gizi dari tanaman jeruk sangat besar sehingga memberikan manfaat bagi kesehatan keluarga.

Budidaya tabulampot tanaman jeruk di pekarangan juga tergolong mudah, lokasi tanam ada di sekitar halaman atau atap rumah sehingga mudah untuk dipantau. Keuntungan menanam tabulampot jeruk adalah berbuah bisa lebih cepat dibandingkan dengan ditanam di kebun yang biasnya akan berbuah 2,5-3,5 tahun setelah ditanam namun tabulampot jeruk bisa dipanen pada umur 1-2 tahun. Berikut 3 Jenis Jeruk yang cocok ditanaman di pekarangan rumah.

Jeruk Sunkist
Jeruk sunkis ini selain memiliki rasa yang manis, juga memiliki aroma yang segar. teknik budidayanya bisa dilakukan dengan cara sistem tabulampot. sedangkan biibitnya bisa didapat dengan teknik cangkok, okulasi atau bisa kultur jaringan.

Jeruk Nagami
Jeruk jenis ini sangat bagus jika dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. karena jeruk ini rajin berbuah, buahnya manis, dan tinggi pohonnya sekitar satu meter. untuk teknik budidayanya, jeruk nagami bisa dilakukan dengan cara tabulampot dan tidak memerlukan perawatan yang begitu intensif.

Jeruk Bali
cocok ditanam di pekarangan rumah karena memiliki buah yang besar, sehingga terlihat unik dan memiliki nilai estetika tersendiri serta memiliki daging buah yang berwarna merah. teknik budidayanya tidak jauh berbeda dengan jeruk pada umumnya. bisa langsung di tanam di halaman rumah dengan teknik tabulampot.

 

Related News