• 5 December 2022

Mengintip Fakta Kenari Yorkshire FOI

uploads/news/2021/06/melihat-keindahan-kenari-yorkshire-871602deef65b56.jpg

"Namun, dari semua jenis kenari yang ada, kenari Yorkshire adalah jenis burung Kenari yang paling istimewa karena mempunyai tubuh yang bagus dan unik"

JAKARTA - Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Carduelinae dan genus Serinus. Hingga sampai saat ini, kenari termasuk burung yang masih menjadi primadona di pasar burung Tanah Air. Meskipun masyarakat banyak yang memilih burung kicau jenis baru seperti murai batu, tledekan, kacer, lovebird dan sebagainya, namun burung kenari masih memiliki tempat tersendiri di hati beberapa pecinta burung kicau.

Jika mengetahui kemampuan berkicaunya, Sahabat tani mungkin tidak akan melupakan jenis burung ini dengan begitu saja. Pasalnya, dari semua jenis kenari tidak hanya menampilkan kemerduan kicaunya saja, namun juga di anugerahi warna bulu yang sangat mempesona.

BABINSA wilayah Cangkringan, Koptu Eko Widodo merupakan salah satu orang yang telah lama beternak kenari. Baginya, merawat dan ternak burung kenari telah menjadi hobinya yang telah lama digeluti selama bertahun-tahun.

“Sudah senang dengan kenari sejak dahulu, karena bagi saya kenari itu punya ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jenis burung lainnya,” kata Eko saat ditemui oleh reporter Jagadtani.id di rumahnya yang berlokasi di Ngancar, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga Budidaya Lele Bule yang Menggiurkan

Keindahan bulu kenari dimiliki hampir hampir dari semua jenis burung kenari, baik kenari yorkshire, kenari seri F, kenari AF dan kenari lokal. Kenari Yorkshire (YS FOI) merupakan jenis burung kenari import yang didatangkan dari italia. Berdasarkan namaya, FOI, yang berarti Federazione Ornicoltori Italiani, nama ini sebagai identitas kode ring kenari.

Namun, dari semua jenis kenari yang ada, kenari Yorkshire adalah jenis burung Kenari yang paling istimewa karena mempunyai tubuh yang bagus dan unik. Burung Kenari impor ini dikatakan unik karena bentuk tubuhnya mirip dengan wortel. Jadi, bagian dada atau bagian atas Kenari Yorkshire lebih besar dari tubuh yang bawah, sekilas mirip wortel terbalik.

“Jenis ini berasal dari Italia, yang saya miliki ini juga ada indukannya yang di impor langsung dari sana,” ungkap Eko.

Hingga hari ini, burung jenis kenari impor tersebut masih sangat populer di kancah perburungan. Meski volume kicauan merdunya terdengar keras dan bervariasi, hanya saja burung ini masih sering dianggap sebagai burung kontes kecantikan. Ini dikarenakan keindahan tubuh dan warna bulu pada kenari jenis ini sangat cocok untuk acara kontes show. Tak heran banyak para pecinta burung yang menganggap kenari Foi sebagai burung kontes kecantikan, bukan kontes suara.

Baca juga Meraup Cuan dari Lebah Klanceng

Harga Kenari Yorkshire akan lebih mahal jika burung memiliki keindahan tubuh dan suara yang lebih istimewa. Memang butuh ketelatenan supaya burung Kenari YS FOI memiliki kualitas bagus dengan kicau yang super nyaring. Maka dari itu, harga yang cukup tinggi sepadan dengan keindahan postur tubuh dan suara yang dimiliki.

Related News