• 20 April 2024

Hagoromo, Parkit Cantik dari Jepang

uploads/news/2021/09/hagoromo-parkit-cantik-dari-45148b4c736ea4d.jpeg

“Untuk parkit hagoromo ini lebih spesial dari jenis parkit lokal karena ada beberapa warna yang hanya dimiliki oleh hagoromo”

Sahabat tani senang dengan burung parkit? Burung parkit terkenal sebagai hewan piaraan favorit karena ukuran yang kecil, kecantikan, dan kepandaiannya. Burung parkit dengan nama latin Canuropsis Carolinensis ini termasuk hewan pemakan biji-bijian atau herbivora.

Meski bukan dikategorikan sebagai burung kicau, burung parkit lebih sering dijadikan sebagai burung hias. Warna bulu-bulunya yang indah, membuat burung parkit memiliki daya tarik tersendiri.

“Parkit banyak dipilih karena pertama, dia itu harganya tidak terlalu mahal. Kedua, dia termasuk burung yang familiar dengan banyak orang, burung yang anteng,” ungkap Afi, pengelola Java Aquatic, saat di temui oleh Jagadtani.Id belum lama ini.

Baca juga: Hewan-hewan Paling "Ngejreng" di Dunia

Burung parkit pertama kali ditemukan di dataran Australia oleh pakar atau penggiat ornitologi bernama John Gould di tahun 1740. Uniknya, burung parkit memiliki corak warna yang kontras dan tajam disertai ukiran seperti batik di sekujur sayapnya.

Lebih lanjut, Afi mengatakan pesona warna bulu parkit sangat menggoda para penghobi burung. Oleh sebab itu, di beberapa kota lomba kecantikan warna burung parkit ini masih gencar diadakan. Tak hanya itu, lomba burung parkit biasanya lebih menilai aspek fisik burung. Namun, ada beberapa jenis parkit yang menarik perhatian para pencinta burung, salah satunya adalah parkit hagoromo. Parkit ini merupakan burung asli dari Jepang.

“Parkit lokal beda dengan yang hagoromo ini. Ukurannya juga lebih kecil kalau dibandingkan dengan yang hagoromo. Lalu, warna hagoromo lebih banyak variannya bila dibandingkan dengan yang lokal,” jelas Afi.

Baca juga: Legenda Sangkar Bundar Murai Batu

Dalam perawatannya, pemberian pakan memang menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam budidaya parkit. Kata Afi, pakan parkit diberikan setiap dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Selain pakan, kandang yang cukup besar juga harus disiapkan karena burung ini menyukai hidup berkoloni.

“Parkit biasanya di pelihara didalam kandang. Dan untuk parkit hagoromo ini lebih spesial dari jenis parkit lokal karena ada beberapa warna yang hanya dimiliki oleh hagoromo,” tutupnya.

Baca juga: Ini Fakta Unik Murai Batu

Related News