• 3 May 2024

Manfaat Luar Biasa Sarang Burung Walet

“Karena khasiatnya, sarang burung walet enggak cuma dicari untuk dijadikan bahan makanan, tapi juga untuk dijadikan bahan kosmetik dan kecantikan”

Usaha budidaya sarang burung walet adalah peluang bisnis yang menarik dan memberi hasil yang fantastis. Bayangkan satu gram sarang burung walet saja dihargai sekitar Rp 20 ribu dan per kilogramnya bisa mendapatkan hasil Rp 10-16 juta. Komoditas ini banyak dicari karena memiliki khasiat yang cukup besar.

Sarang burung walet dipercaya memiliki kandungan protein, kalsium, kolagen dan antioksidan yang tinggi. Tak heran banyak orang mulai berbondong-bondong menggeluti usaha ini, ada yang berhasil meskipun tak sedikit pemilik usaha sarang burung walet yang mengalami kegagalan.

Salah satu yang berhasil membudidayakannya ialah Kunnadi Harianto. Berawal dari usaha turun temurun dari orang tuanya, kini pria yang akrab disapa Kun itu melanjutkan usaha yang bisa dibilang susah-susah gampang ini.

Baca juga: Inilah Mengapa Sarang Burung Walet Mahal

“Awalnya tuh saya lihat orang tua saya bisnis walet ini ternyata menjajikan ya, akhirnya saya coba budidaya sendiri dari belajar otodidak sampai sekarang sudah hampir dua tahun,” ungkapnya kepada Jagad Tani saat ditemui di Rumah Walet miliknya yang terletak di Sawah Luhur, Kota Serang, Banten.

Uniknya pada burung satu ini adalah yang dijual bukan daging ataupun telurnya, melainkan sarangnya. Sarang burung walet bukanlah sarang burung yang terdiri dari ranting pohon sebagaimana biasanya. Sarang burung walet dibuat dari air liur burung itu sendiri loh, Sahabat Tani.

“Air liurnya itu nanti membentuk gumpalan yang lalu banyak dicari dan jadi salah satu hidangan paling mahal. Burung walet membangun sarangnya di celah-celah tebing batu kapur di gua,” jelas Kun.

Baca juga: Laris Manis Sarang Burung Walet

Sesudah kering, Sarang burung walet ini diambil atau dipanen. Namun, sarang ini berubah jadi seperti agar-agar saat diolah. Seperti yang kita tahu sarang burung walet juga punya banyak manfaat lain untuk kesehatan.

“Air liur burung walet terbuat dari protein, yang juga tinggi kandungan kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Dia bagus untuk paru-paru, sarang burung walet juga mengandung antioksidan yang tinggi, serta berbagai vitamin dan mineral yang bisa melengkapi nutrisi tubuh. Karena khasiatnya, sarang burung walet enggak cuma dicari untuk dijadikan bahan makanan, tapi juga untuk dijadikan bahan kosmetik dan kecantikan,” tambah pria yang juga pencinta hewan tersebut.

Tinggi permintaan pasar akan sarang burung walet juga menjadi salah satu alasan Kun membudidayakannya. Kun menggunakan bangunan kosong yang tinggi yang terbuat dari beton untuk membentuk lingkungan ideal dalam memproduksi sarang burung walet.

Baca juga: Crocodile Skink, Kadal Berduri Menyerupai Naga

Related News