• 29 April 2024

Inilah Satwa Tertua di Ragunan

uploads/news/2021/11/inilah-satwa-tertua-di-7717713b8eac4d5.jpg

"Disini satwa tertua ada gajah sumatera namanya Pepsi dan Ratih usianya dua-duanya sekitar 50 tahunan tapi sudah kita tidak tampilkan ke pengunjung karena sudah sangat berumur jadi kita pisahkan di tempat khusus.."

Siapa yang tidak mengenal ragunan? Kebun binatang terluas se-Asia ini menyimpan banyak sekali satwa endemik dari Indonesia. Taman Margasatwa Ragunan selalu menjadi destinasi wisata andalan warga DKI Jakarta dan sekitarnya setiap akhir pekan dan hari raya. Di kebun binatang ini, ada banyak hal-hal menarik yang bisa dieksplorasi, seperti melihat gajah, singa atau bahkan ular piton. Dengan luas 147 hektar, Taman Margasatwa Ragunan memiliki total 2.289 satwa.

Kali ini kita akan berkenalan dengan satwa tertua yang ada di TMR. Bambang Wahyudi selaku humas TMR menceritakan sampai saat ini ada dua satwa yang bisa dibilang panjang umur sampai puluhan tahun.

Baca juga: Sejarah Ragunan, Kebun Binatang Terkkuas se-Asia

Gajah Sumatera

Gajah terkenal sebagai salah satu satwa favorit di Ragunan. Satwa tersebut paling banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Ragunan juga punya hewan tertua yaitu gajah dengan usia 52 tahun. Gajah tersebut diberi nama Pepsi. Di bawah Pepsi ada juga Ratih, gajah berusia 50 tahun.

“Disini satwa tertua ada gajah sumatera namanya Pepsi dan Ratih usianya dua-duanya sekitar 50 tahunan tapi sudah kita tidak tampilkan ke pengunjung karena sudah sangat berumur jadi kita pisahkan di tempat khusus, terakhir kita keluarkan pada saat pandemi jadi tidak ada pengunjung,” jelas Bambang.

Namun, gajah ternakal dan terusil juga disematkan oleh Bambang, gajah tersebut bernama Melki. Dia dikenal sering menyemburkan air liur atau melemparkan barang-barang yang ada di sekitarnya.

Bambang bercerita, nyaris tak ada yang kuat menghadapi Melki. Sebab keusilannya itu menyasar siapapun dan kapanpun. Petugas juga kerap kali ditendang bahkan diseruduk olehnya saat Melki tampak sibuk mengunyah rumput. Namun saat merasa ada kehadiran manusia, matanya langsung melirik.

Tak lama, sesudah melirik Melki menyemburkan air dan kotoran yang ada di dekatnya kepada salah satu perawat yang ingin menghampirinya. Melki juga berjalan ke sana ke mari seperti mencari perhatian.

Baca juga: Hewan Paling Cerdas di Bumi

Simpanse

Satwa tertua selanjutnya ialah simpanse, hewan paling cerdas di bumi ini dan salah satu hewan yang tertua di TMR. Bambang mengatakan simpanse memang hampir sama seperti manusia, memiliki usia kurang lebih bisa sampai 60 tahun.

“Selain gajah,hewan yang tertua di sini yaitu simpanse, usianya sudah 40 tahun lebih tapi karena sudah tidak layak untuk di tampilkan ke pengunjung sama seperti Pepsi dan Ratih jadi simpanse ini kita pisahkan di ruang karantina dan sampai sekarang alhamdulillah masih sehat,” tutup Bambang.

Related News