• 29 March 2024

Fakta Unik Tegu Si Kadal Argentina

“Ukuran tegu bisa menjadi sangat panjang, dia panjangnya bisa mencapai 1,5 meter. Beratnya bisa mencapai 13 kilogram. Untuk umurnya, dia bisa bertahan hidup sampai dengan 15 – 20 tahun”

Jika Sahabat Tani berniat untuk memelihara reptil, Sahabat Tani perlu perhatikan jenis reptil yang akan dipelihara. Nah, tidak semua jenis reptil menyeramkan loh, ada beberapa jenis reptil cantik dan eksotis yang sangat aman untuk dipelihara. Salah satunya reptil bernama tegu.

“Hewan ini berasal dari Argentina, jenis hewan yang boleh di pelihara karena bukan termasuk hewan langka yang dilindungi,” tutur Maulana, keeper reptil di An-Torto Farm.

Jangan tertipu ketika melihat muka sangarnya, sebab tegu jenis kadal yang tidak akan berbahaya bila dipelihara. Ada beberapa fakta menarik seputar tegu yang perlu Sahabat Tani ketahui nih.

Baca juga: Tips Merawat Kura-Kura Brazil bagi Pemula

Pertama, Kata Maulana, tegu merupakan jenis hewan yang ramah dengan manusia dan jenis reptil yang mudah untuk di jinakkan. Jika Sahabat Tani suka dengan hewan, katanya, hanya dalam waktu tiga hari tegu bisa menjadi teman peliharaan yang setia dan lucu.

Tak hanya itu, tegu memiliki tingkat kecerdasan yang luar biasa tinggi dan dapat dijadikan hewan peliharaan yang menyenangkan. Saat ditemui Jagad Tani, Maulana bahkan dengan mudahnya mengajak main tegu bernama Niko tersebut layaknya sedang mengajak main seekor anjing seperti di belai, di kelitik dan di gendong.

“Karena memang sebenarnya tegu ini hewan yang ramah dengan manusia, jenis reptil yang tidak akan menggigit. Dia ini hanya tidak bisa diam saja perilakunya namun ada juga beberapa jenis tegu yang pendiam karena memang dia bukan jenis hewan yang galak,” ucap Maulana kepada Jagad Tani baru-baru ini.

Baca juga: Crocodile Skink, Kadal Berduri Menyerupai Naga

Selain itu, biasanya reptil dianggap oleh sebagian orang sebagai hewan menyeramkan yang suka menggigit. Padahal, kata Maulana, Sahabat Tani tidak perlu khawatir akan terluka terkena gigitannya. “Kalaupun kita bisa kena gigitannya, paling itu tidak berbahaya. Dan itu pun karena sifat alami si tegunya karena kaget saja, kita tidak akan sampai terluka dan berdarah. Karena menggigit ini bukan sifat aslinya dia,” ucapnya.

Fakta unik lainnya, tegu bisa berubah menjadi reptil raksasa loh. Maulana mengungkap, Ia bahkan memiliki masa bertahan hidup yang cukup panjang, yaitu sampai berumur 15 tahun.

“Ukuran tegu bisa menjadi sangat panjang, dia panjangnya bisa mencapai 1,5 meter. Beratnya bisa mencapai 13 kilogram. Untuk umurnya, dia bisa bertahan hidup sampai dengan 15 – 20 tahun,” ungkap Maulana.

Baca juga: Raup Jutaan dari Ternak Biawak

Related News