• 23 April 2024

Oscar, Ikan Predator yang Rupawan

“Dia ini perkembangannya cepat sekali loh. Awal saya ternak ikan oscar, waktu itu baru kecil-kecil sekali, dalam beberapa pekan, tubuhnya cepat sekali berubah menjadi besar hanya dengan makan cacing beku”

Pencinta ikan hias tentu akan tertarik melihat kecantikan ikan Oscar. Warna tubuhnya unik seperti dibaluti oleh bentuk-bentuk motif batik. Tak heran permintaan ikan oscar pun kian meningkat. Biasanya ikan predator ini di pajang di akuarium sebagai salah satu hiasan.

Perlu diketahui, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak hidup di lingkungan sungai amazon, Brazil. Meski ikan ini digolongkan sebagai salah satu predator, namun ikan ini tidak seagresif maupun seganas piranha, sehingga orang pun tak perlu takut dalam memelihara oscar.

Baca juga: Sejarah Red Bee, Udang Hias Terlaris

Dengan karakteristik dan emosional yang kuat sebagai ikan predator, banyak orang yang mempelajari jenis ikan ini sebagai salah satu inspirasi menarik di rumah.

Kunnadi Harianto, pemilik Raden Farm menjadi salah satunya yang memelihara ikan oscar. Ia mengaku ikan cantik ini memiliki warna yang unik. Ditambah, oscar memiliki kemampuan berkembang yang terbilang cepat. “Dia ini perkembangannya cepat sekali loh. Awal saya ternak ikan oscar, waktu itu baru kecil-kecil sekali, dalam beberapa pekan, tubuhnya cepat sekali berubah menjadi besar hanya dengan makan cacing beku,” ungkapnya kepada Jagad Tani saat ditemui di Jalan Raya Serpong No. km 88, Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Ada beberapa jenis ikan oscar beserta karakteristik yang menarik dan bisa Sahabat Tani pelihara di rumah sebagai salah satu koleksi di akuarium. Diantaranya tiger oscar, super red chili oscar, blue oscar, albino oscar, black oscar, white oscar, florida oscar, green oscar, veil tail oscar dan lemon oscar.

Baca juga: Ungkap Ikan Datz, Gosong di Akuarium

Jika Sahabat Tani berencana ingin memelihara ikan oscar sebagai salah satu hobi, ada beberapa hal yang perlu Sahabat Tani ketahui.

Untuk diketahui, ikan ini memiliki karakter yang cukup sensitif sekalipun sangat peka terhadap lingkungan akuarium rumah. Untuk itu, Sahabat Tani perlu perhatikan pemilihan akuarium. Penggunaan dan kebutuhan akuarium tidak boleh sembarangan. Perhatiakan komposisi dan tatanan air di akuarium untuk oscar, yaitu sekitar 200 literan.

Selain itu, ikan ini juga tidak cocok dipadukan dengan ikan lainnya, sehingga sebaiknya ia hidup sendiri pada akuarium secara bebas. “Kalau untuk makanannya, biasanya kami kasih cacing beku. Di habitat aslinya, oscar bisa memakan serangga atau dia bisa makan krustasea yang sangat banyak,” tutupnya.

Baca juga: Ikan Black Ghost Ternyata Mengeluarkan Listrik

Related News