• 3 May 2024

Ikan Black Ghost Ternyata Mengeluarkan Listrik

"Dia itu ternyata memiliki listrik di tubuhnya. Kalau penasaran ingin melihat listriknya, bisa dicoba dengan menggunakan lampu diatas akuarium, nanti dari situ baru bisa terlihat listrik didalam tubuhnya"

Salah satu ikan hias yang menarik perhatian para pencinta ikan adalah Black Ghost. Ikan jenis nocturnal ini sepintas mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan bulu ayam serta memiliki cara berenang dengan gerakkanya yang sangat unik, maju mundur serta bentuk bawahnya menyerupai bendera saat berkibar sehingga ikan ini banyak digemari sebagai ikan hias. Ikan ini juga dikenal sebagai ikan akuarium dengan warnanya yang begitu eksotis.

Baca juga: Manfaat Ikan Guppy untuk Budidaya Lobster

Kunnadi Harianto, salah satu pencinta ikan dan pemilik dari Raden Farm yang menjual dan ternak ikan Black Ghost. "Saya ternak dan juga jual ikan Black Ghost karena bagus prospeknya untuk dijual, peminatnya  juga lumayan banyak yang suka. Jenis ikan hias ini pun bagus untuk di pelihara," katanya kepada Jagad Tani saat ditemui di di jalan raya Serpong No.km 88, Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Baca juga: Black Ghost, Ikan Hias Hantu

Namun, ada fakta unik yang jarang diketahui banyak orang terkait ikan Black Ghost ini. Ternyata, ikan berwarna hitam pekat dengan tubuh yang sangat tipis ini bisa menghasilkan energi listrik layaknya belut listrik dan lele listrik. "Dia itu ternyata memiliki listrik di tubuhnya. Kalau penasaran ingin melihat listriknya, bisa dicoba dengan menggunakan lampu diatas akuarium, nanti dari situ baru bisa terlihat listrik didalam tubuhnya," ungkap pria yang akrab dipanggil Kun itu.

Baca juga: Ini Bedanya Budidaya Udang dan Lobster

Listrik yang ada didalam tubuhnya ini listrik lemah dengan frekuensi medan listrik antara 0,1-10 kHz. Nah listrik tersebut ia hasilkan dari  organ di ekor ikan dan akan didistribusikan oleh reseptor yang ada di seluruh kulitnya. Listrik ini berfungsi untuk mencari mangsa dan sinyal dari listrik tersebut digunakan untuk berkomunikasi dengan ikan lain.

Biasanya pakan Black Ghost adalah larva serangga hidup atau Sahabat Tani bisa menngunakan cacing beku. Pemberian pakan sebaiknya tidak berlebihan karena bisa mengotori akuarium dan bisa meracuni air. "Si Black Ghost ini bukan endemik Indonesia, tapi ini jenis ikan lokal," tuturnya.

Baca juga: Axolotl, Monster Laut dari Meksiko

Jika Sahabat Tani memelihara Black Ghost di akuarium, sebaiknya berikan tempat yang gelap pada Black Ghost karena ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang pemalu. Dalam memelihara ikan ini tidak dianjurkan diletakkan satu tempat dengan ikan penghasil listrik lainnya sebab sinyal listrik yang dihasilkan bisa merusak sistem radar dan distem navigasi masing – masing ikan.

Baca juga: Tren Konsumsi Nila Merah Bangkok

Related News