• 26 April 2024

Mitos Memelihara Kucing Bisa Mandul

uploads/news/2021/11/mitos-memelihara-kucing-bisa-4178762a9156afd.JPG

“Mitos kucing bisa menyebabkan mandul itu sebenarnya karena adanya penyakit toxoplasma. Penyakit ini biasanya menjangkit pada kucing dan tikus”

Siapa yang tak kenal dengan kucing, hewan lucu dan menggemaskan yang satu ini. Kucing memang jadi salah satu hewan favorit yang banyak dipelihara oleh manusia. Tingkahnya seringkali membuat manusia jadi gemas dibuatnya.

Namun, ada banyak sekali mitos yang bermunculan mengenai kucing, seperti mitos yang mengatakan bulu kucing bisa menyebabkan kemandulan. Benarkah demikian?

Drh. Andyka Bayu Prasetyo, dokter hewan, menjawab mengenai hal tersebut. “Mitos kucing bisa menyebabkan mandul itu sebenarnya karena adanya penyakit toxoplasma. Penyakit ini biasanya menjangkit pada kucing dan tikus” katanya kepada Jagad Tani melalui sambungan telepon.

Baca juga: Mitos Kucing Punya 9 Nyawa

Jadi, yang menyebabkan kemandulan tersebut akibat penyakit toxoplasma, itu pun bila Sahabat Tani tidak menjaga kebersihan kucing kesayanganmu. Toxoplasma sendiri merupakan salah satu jenis parasit yang paling sering berada di dalam kotoran hewan sehingga menyebabkan timbulnya penyakit toxoplasmosis. Parasit ini bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi hingga resiko keguguran dan ketidaksuburan pada wanita yang sedang ingin hamil.

Nah, Sahabat Tani akan mudah terinfeksi penyakit ini bila tidak mencuci tangan saat sedang membersihkan kotoran kucing dan kurang menjaga kebersihan. Parasit tersebut akan menular kedalam tubuh manusia lewat makanan yang dikonsumsi ketika kondisi tangan belum cukup bersih. Andyka juga mengatakan beberapa tips untuk mencegah penyebaran penyakit toxoplasma tersebut.

Baca juga: Rahasia Koloni Semut dan Siklus Hidupnya

“Kalau untuk menghindari kucing terkena penyakit toxoplasma, saat ini cara pencegahannya hanya perlu diperhatikan dari sisi sanitasinya sehingga kucing tidak ada akses penularan toxoplasma yang dibawa oleh tikus,” ucap dokter hewan dari KUD Dadi Jaya, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur itu.

Selain itu, Sahabat Tani harus waspada karena menurut Andyka, penyakit ini tidak bisa diidentifikasi secara langsung, “penyakit toxoplasma yang menginfeksi kucing ini kadang tidak bergejala sehingga harus di cek dengan rapid toxoplasma pada kucing,” ungkapnya.

Jadi, jika Sahabat Tani memelihara kucing, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kucing ya, “tips nya, harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dan sebaiknya dipelihara secara indoor saja,” tutup Andyka.

Baca juga: Ini Langkah Mudah Perawatan Sugar Glider

Related News