• 3 May 2024

Kenali Ciri-Ciri Ratu Semut Rangrang

"Semut ratu atau bisa juga disebut dengan ratu semut, merupakan sebuah semut yang menguasai suatu koloni atau kelompok dan memiliki tubuh yang cenderung paling besar jika dibandingkan dengan jenis semut yang lainnya"

Ratu semut rangrang merupakan salah satu anggota semut ranggrang yang bertugas menghasilkan telur dalam proses perkembangbiakkan. Nah ratu adalah faktor penting dalam budidaya kroto tanpa ratu budidaya tidak akan jadi.Bagi para Sahabat Tani yang belum awam dengan dunia kroto pasti banyak yang kebingungan yang mana sih yang dinamakan ratu itu? Perbedaan antara ratu dan pekerja ditentukan pada saat pemberian makan saat masih menjadi larva.

Hal ini juga digunakan semut dewasa untuk mendistribusikan makanan pada semut dewasa lainnya. “Semut ratu atau bisa juga disebut dengan ratu semut, merupakan sebuah semut yang menguasai suatu koloni atau kelompok dan memiliki tubuh yang cenderung paling besar jika dibandingkan dengan jenis semut yang lainnya, dia itu warnanya hijau dan besar,” jelas Rama, salah satu pengelola Krotobond Indonesia yang terletak di Jl. Kapten Yusuf Jl. Raden Kosasih No.3, RT.01/RW.08, Cikaret, Kec. Bogor Selatan.

Baca juga: Pelajaran Hidup Berharga Dari Koloni Semut

Rama juga menjelaskan ratu biasanya memiliki sayap, namun biasanya akan segera dijatuhkan apabila sudah kawin. Ratu semut akan kawin sekali dalam seumur hidup kemudian akan merawat keturunannya. “Ukuran tubuh ratu rangrang itu bisa 5 hingga 10 kali lipat dari tubuh semut rangrang pekerja. Bagian ekorya sangat besar yang menandakan itu berisi telur yang siap dikeluarkan. Dengan ukurannya yang begitu besar maka layak dalam setiap sarang dapat menghasilkan larva atau kroto hingga 1 ons perbulan sampai tiga bulan,” tambah Rama.

Keberadaan ratu kroto dikoloni dilindungi dengan ketat oleh semut prajurit. Layakya seorang ratu semut prajurit melindunginya dari segala macam ancaman dengan segenap jiwa raganya. Semut rangrang betina calon ratu memiliki sayap yang membedakan dengan semut pekerja dan tentara tetapi setelah kawin sayapnya akan ditinggalkan dan menjadi ratu semut rangrang tanpa sayap.Sementara itu semut pekerja dan prajurit tidak memiliki sayap.

Baca juga: Perbedaan Semut Rangrang Jantan dan Betina

Proses terjadinya ratu semut rangrang melewati adanya larva yang kemudian menjadi pupa.Namun demikian tidak banyak larva yang bisa menjadi pupa calon ratu semut rangrang.Setelah berbentuk pupa,maka ciri akan menjadi calon ratu adalah sayap yang muncul dari bagian dada semut.

Ratu semut rangrang inilah yang kemudian bisa menghasilkan telur atau larva. Namun ratu semut rangrang tidak bisa menghasilkan telur tanpa adanya semut rangrang jantan.

Related News