• 24 April 2024

Pelajaran Hidup Berharga dari Koloni Semut

"Ada pelajaran yang bisa kita ambil dari semut, yaitu mereka bisa saling berbagi. Semut itu bukan berapa yang bisa mereka dapat, tapi sejauh mana dia bisa berbagi dengan koloninya. Karena dengan berbagi, koloni mereka bisa lebih kuat dan tangguh"

Belajar bisa darimana pun, bahkan dari makhluk kecil sekalipun seperti semut. Semut memang binatang yang kecil, namun ia juga merupakan makhluk ciptaan-Nya. Kita bisa temukan semut di berbagai tempat. Meski terkadang semut membuat beberapa orang kesal, namun ada pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari serangga sosial ini.

Baca juga: Raup Untung dari Ternak Ikan Nila

Semut menjadi serangga yang selalu hidup dalam koloni. Mereka tinggal bersama dalam sebuah sarang serta saling bahu membahu mencari makanan untuk dinikmati bersama-sama. Sahabat Tani mungkin sering melihat banyaknya semut yang sedang bergotong-rotong membawa makanan besar untuk dibawa ke sarang. Cara hidup semut yang berkoloni ini membuat mereka saling bekerja sama.

Menurut Ade Yusdhira, pembudidaya semut rangrang dan pemilik Krotobond Indonesia, banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran berharga dari serangga kecil ini.

"Ada pelajaran yang bisa kita ambil dari semut, yaitu mereka bisa saling berbagi. Semut itu bukan berapa yang bisa mereka dapat, tapi sejauh mana dia bisa berbagi dengan koloninya. Karena dengan berbagi, koloni mereka bisa lebih kuat dan tangguh," ujar pria yang akrab dipanggil Bond itu saat ditemui oleh Jagad Tani di Jalan Raden Kosasih RT 01 RW 08, Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Tegu Merah Argentina, Spesies Terbesar se-Dunia

Kata Bond, semut bukanlah hewan yang pelit. Justru mereka selalu berbagi dengan sesama koloninya. Ketika seekor semut berhasil mendapatkan makanan, dengan segera ia akan mengatakan kepada anggota lainnya agar mendapatkan makanan yang sama. Semut akan sengaja meninggalkan jejak makannnya untuk diikuti oleh koloni lainnya.

Bond menambahkan, dari sini ia belajar betapa kuat sebuah koloni jika bisa saling berbagi antar sesama. Ia bahkan memberikan tagline pada farm nya berdasarkan pengalamannya dari meneliti tingkah laku semut.

"Ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari semut, termasuk saling bekerja sama. Seperti tagline Krotobond Indonesia, bersatu kita teguh, berkoloni kita tangguh," tutupnya.

Baca juga:Mitos Kucing Punya 9 Nyawa

Related News