• 3 May 2024

Mitos Kucing Punya 9 Nyawa

uploads/news/2021/11/mitos-kucing-punya-9-22006379897ba10.JPG

Tidak sedikit masyarakat yang mengatakan bahwa kucing punya 9 nyawa. Mitos ini bahkan menyebar sampai ke seluruh penjuru dunia. Namun, benarkah demikian?

Sahabat Tani tentu sudah tidak asing dengan adanya anggapan bahwa kucing memiliki 9 nyawa, bukan? Anggapan kucing memiliki banyak nyawa sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Adanya anggapan demikian dikutip dari legenda atau cerita dari beberapa negara, misalnya legenda turki menyebutkan bahwa kucing mempunyai enam nyawa, sedangkan masyarakat Spanyol menganggap bahwa kucing memiliki tujuh nyawa.

Baca juga: Stop Penganiayaan Kucing Terlantar

Beberapa masyarakat percaya kalau kucing bisa selamat dari kecelakaan yang menimpanya, baik itu saat kucing tertabrak maupun jatuh dari ketinggian. Lalu benarkah demikian?

Menurut Drh. Andyka Bayu Prasetyo, dokter hewan, anggapan kucing memiliki 9 nyawa tersebut tidaklah benar dan hanya mitos belaka. Layaknya makhluk hidup lainnya, kucing hanya memiliki satu nyawa.

“Itu hanya mitos saja. Sebetulnya sudah banyak sekali kasus kucing yang tewas karena tertabrak dan jatuh dari lantai 2, kemudian tidak sedikit yang mengalami patah tulang atau gangguan lainnya,” ucap dokter dari KUD Dadi Jaya, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur itu.

Baca juga: Mitos Ari-Ari Kucing Pembawa Keberuntungan

Karena kucing merupakan hewan yang sangat mandiri, ia bisa menahan kecelakaan tanpa terluka parah. Ia juga merupakan hewan dengan intuisi yang kuat dan memiliki keseimbangan tubuh yang baik. Hal ini yang membuat masyarakat menyebutnya sebagai hewan yang memiliki banyak nyawa.

Selain itu, kata Andyka, anatomi tubuh kucing sangat kuat. Ligamen serta tulang yang dimiliki hewan mamalia ini cukup lentur sehingga mampu menahan bobot tubuhnya dengan baik ketika terjatuh maupun mengalami kecelakaan.

Baca juga: Mitos Fakta Kucing Tiga Warna

Tidak hanya itu, kucing juga memiliki gerak refleks yang bisa membuat dirinya membalikkan tubuhnya agar bisa mendarat dengan selamat ketika jatuh dari ketinggian. Keempat kaki kucing bisa menyentuh permukaan tanpa mencederai tubuhnya. Saat terjatuh, kucing mulai meregangkan kaki seperti bajing loncat kemudian tubuhnya menjadi rileks.

Tapi perlu di catat, pada ketinggian tertentu kucing juga bisa mengalami cedera yang cukup fatal. Untuk itu bila Sahabat Tani memelihara kucing, tetap waspada dan jaga kucing kesayangan kalian, ya.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Memijat Manusia

Related News