• 29 April 2024

Tegu Merah Argentina, Spesies Terbesar se-Dunia

uploads/news/2021/11/tegu-merah-argentina-spesies-61579a534b576c4.jpg

“Yang merah ini bisa dibilang sebagai jenis tegu terbesar sedunia. Ukurannya dia bisa mencapai 1,5 meter. Beratnya bisa sampai 13 kilogram. Umurnya bisa sampai 15 - 20 tahun”

Banyak masyarakat yang menganggap reptil merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat eksotis. Tidak sedikit yang mulai memelihara reptil di rumah bahkan saat ini sudah banyak munculnya komunitas pencinta hewan exotic, salah satunya para pencinta reptil kadal. Kadal yang cocok dipelihara di rumah adalah tegu merah argentina. Meski hewan melata berkaki empat ini memiliki karakter pemangsa atau predator, ia cukup dikenal sebagai reptil ramah yang sangat cerdas. 

Baca juga: Rahasia Koloni Semut dan Siklus Hidupnya

Maulana, salah satu keeper di An-Torto Farm menjelaskan, Sahabat Tani bisa temukan beberapa jenis tegu argentina misalnya tegu merah dan tegu hitam-putih. Selain itu, kata Maulana tegu merah argentina merupakan salah satu jenis tegu terbesar di dunia. Di alam liar, tegu bisa bertahan hidup hingga belasan bahkan puluhan tahun.

“Yang merah ini bisa dibilang sebagai jenis tegu terbesar sedunia. Ukurannya dia bisa mencapai 1,5 meter. Beratnya bisa sampai 13 kilogram. Umurnya bisa sampai 15 - 20 tahun,” kata Maulana saat ditemui Jagad Tani di pameran Exotic Pet Garden belum lama ini.

Baca juga: Mitos Kucing Punya 9 Nyawa

Lebih lanjut Maulana menambahkan, meski tegu merah memiliki sifat lebih agresif namun dia salah satu jenis kadal yang ramah dengan manusia. “Paling dia ini hanya tidak bisa diam saja. Dibandingkan dengan tegu hitam-putih, tegu merah lebih banyak bergerak, agresif atau istilahnya lebih caper,” tambahnya.

Kadal yang terlihat sangat menyeramkan namun cantik ini, sebetulnya termasuk hewan omnivora yang hidup di darat dan mudah ditemukan di hutan hujan tropis ataupun sabana.

“Meski disebut predator, dia ini omnivora. Makanannya itu buah, sayur, daging-daging ayam atau jangkrik. Hanya saja, kalau untuk sayur dia tidak bisa mengonsumsinya setiap hari,” ungkap Maulana.

Baca juga: Raup Untung dari Ternak Ikan Nila

Ketika dirinya merasa terancam, tegu membentuk pertahanan diri dengan cara membuka mulut lebar-lebar dengan kaki depan membuka lebar agar terlihat seperti mengancam lawannya.

“Kalau untuk pertahan diri misal dari musuh atau dari segala macam gangguan, dia itu enggak akan menggigit, melainkan hanya membuka lebar mulutnya saja seperti akan melahap mangsa” ungkapnya.

Tegu ini memiliki tingkat kecerdasan yang luar biasa tinggi dan dapat dijadikan hewan peliharaan. Kata Maulana, jika Sahabat Tani memeliharanya, hanya dalam waktu 3 hari tegu mudah akrab dengan si pemiliknya.

Tegu memiliki sisik di seluruh tubuhnya. Selain itu, reptil dengan lidah bercabang ini juga memiliki gigi yang tajam. Ekornya kuat dan berotot.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Predator yang Bisa Dipelihara

Related News