• 2 May 2024

Pepaya California, Tanam Sekali Panen Berkali-kali

”Salah satu keuntungan yang dihadirkan oleh pepaya california untuk para petani yaitu berbuah tidak hanya sekali dan periode berbuahnya lama. Pepaya jenis lain pun juga sama namun pepaya jenis ini dapat bertahan hidup hingga 4 tahun dan akan terus berproduksi"

Tak sedikit petani yang mencoba menanam pepaya california, selain rasa dan teksturnya yang enak untuk dikonsumsi, ternyata panen pepaya bisa berkali-kali.

Pepaya jenis california sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Bentuknya khas dilengkapi dengan rasa yang manis dan tekstur yang tidak lembek. Teksturnya yang sedikit lebih keras menyebabkan pepaya jenis ini tidak mudah busuk dan dapat bertahan lebih lama walaupun tidak disimpan di dalam kulkas Oleh karena itu banyak orang yang lebih berminat untuk mengonsumsi pepaya California dibandingkan jenis lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Buah-Buahan untuk Asam Lambung

Menurut Muhadjir, petani pepapaya california, buah ini termasuk dalam tanaman yang tidak sulit untuk tumbuh di cuaca yang dingin maupun panas. Perawatannya pun mudah, Sahabat Tani cukup menjaga keadaan gulma di sekitar tanaman, pemupukan hingga penyiramannya.

“Pepaya dapat di panen mulai dari umur pohon 7 bulan dan habis setelah kurang lebih 5 bulan masa panen,” ungkapnya saat di temui di ladangnya di Dusun Dileman, Desa Kalegen, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Kata Muhadjir, buah ini memerlukan waktu kurang lebih 3 bulan dalam satu periode berbuah. Satu pohon dapat menghasilkan kurang lebih 30 hingga 40 buah untuk pohon yang dapat tumbuh secara normal.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Getah Pepaya

Lebih lanjut Muhadjir menambahkan, satu buah pepaya california biasanya memiliki berat kurang lebih 1,5 kilogram dengan bentuknya lonjong dan kulit buah yang halus namun ada juga yang memiliki bobot hingga 2 kilogram bahkan lebih.

”Salah satu keuntungan yang dihadirkan oleh pepaya california untuk para petani yaitu berbuah tidak hanya sekali dan periode berbuahnya lama. Pepaya jenis lain pun juga sama namun pepaya jenis ini dapat bertahan hidup hingga 4 tahun dan akan terus berproduksi,” ungkapnya.

Muhadjir mengatakan, setiap panen dari 75 pohon yang ditanam dapat menghasilkan kurang lebih 50 kilogram buah dengan harga Rp 3 ribu per kilogram dari petani. Panen dapat dilakukan 3 hari sekali menurut keterangan dari Muhadjir. Umur pohon papaya pun bisa bertahan lama.

“Menanam pepaya ini juga termasuk dalam investasi jangka pendek, kita tidak perlu berulang kali menanam namun dapat berulang kali panen dalam waktu yang lumayan lama, perawatannya pun juga tidak terlalu rumit saat pohon sudah dapat beradaptasi dengan lingkungannya,” tutupnya.

Baca juga: Di Balik Pahitnya Daun Pepaya

Related News