• 26 April 2024

Waspada Penyakit Dropsy pada Mas Koki

uploads/news/2021/12/waspada-penyakit-dropsy-pada-325239e0f6eb180.jpg

“Ada penyakit ikan mas koki yang berbahaya, dan ikan mas koki aku pun pernah kena penyakitnya, nama penyakitnya dropsy. Jadi, dropsy ini bentuknya kaya sisik nanas. Sisik ikan mas koki jadi seperti keluar gitu, dan ini termasuk penyakit yang berbahaya”

Memelihara ikan menjadi hobi bagi sebagian orang, dan tidak sedikit yang memanfaatkan hobi ini menjadi sebuah bisnis. Diantara semua jenis ikan, ikan mas koki menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara.

Dalam memelihara ikan hias mas koki tentu harus mengantisipasi penyakit. Dropsy atau penyakit sisik nanas termasuk salah satu jenis penyakit yang kerap mengintai ikan jenis air tawar ini.

Baca juga: Rahasia Mencetak Ranchu Kontes

“Ada penyakit ikan mas koki yang berbahaya, dan ikan mas koki aku pun pernah kena penyakitnya, nama penyakitnya dropsy. Jadi, dropsy ini bentuknya kaya sisik nanas. Sisik ikan mas koki jadi seperti keluar gitu, dan ini termasuk penyakit yang berbahaya,” ucap Vania, salah satu pencinta ikan hias mas koki yang telah banyak meraih penghargaan.

Dropsy ini terjadi akibat tersumbatnya cairan pada rongga badan mas koki. Nantinya, badan mas koki akan berubah jadi terlihat lebih gendut, gemuk dan keluarnya cairan lendir dari tubuhnya.

“Tubuhnya jadi gendut gitu, trus nafsu makannya berkurang. Dan biasanya, mas koki itu kalau satu kena penyakit, bisa cepat menyebar ke yang lainnya kalau lama di pisah,” tutur gadis yang masih berusia 13 tahun itu.

Baca juga: Anak Band Sukses Ternak Mas Koki

Ketika penyakit dropsy terjadi, Sahabat Tani harus cepat mengambil tindakan. Pisahkan ikan mas koki yang terkena penyakit dan lakukan isolasi pada ikan yang sakit, lalu ganti air secara berkala, naikkan suhu air perlahan sampai suhu ideal yaitu 27 derajat selsius dan tambahkan garam epsom ke dalam akuarium.

Baca juga: Ini Syarat Ryukin jadi Juara Kontes

Related News