• 20 July 2024

Tips Memilih Pohon Natal yang Bagus

uploads/news/2021/12/tips-memilih-pohon-natal-49120e3db6e23ba.jpeg

"Pilih pohon yang masih segar dan jangan terlalu lembab atau basah, lihat juga kriteria daunnya cepat rontok atau tidak.."

Bagi Sahabat Tani yang merayakan Hari Raya Natal, apa saja yang sudah disiapkan? Jika Sahabat Tani berpikir Natal tidak lengkap tanpa pohon segar, maka Sahabat Tani mungkin tertarik pada jenis pohon Natal yang sama setiap tahun. Memlihi pohon natal juga adalah bagian terfavorit bagi umat kristiani saat natal tiba. Sebab pilihannya pun tak hanya cemara, masih banyak pohon natal indah yang bisa Sahabat Tani pajang di rumah.

Sebelum memilih pohon Natal jenis apa pastikan Sahabat Tani tahu terlebih dahulu bagaimana cara memilih pohon Natal yang bagus agar tetap awet sampai hari raya tiba. Rifal, salah satu penjual bunga di Pasar Bunga Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, memberikan tips khusus bagaimana caranya memilih pohon natal yang bagus.

Baca juga: Sejarah Pasar Bunga Terbesar se-Asia Tenggara

“Pertama pasti sesuaikan dulu mau pohon yang besar atau kecil karena nggak semua orang beli pohon Natal yang besar, ada juga yang kecil, kemudian pilih pohon yang masih segar dan jangan terlalu lembab atau basah, lihat juga kriteria daunnya cepat rontok atau tidak,” ujarnya.

Sahabat Tani juga perlu memperkirakan diameter ruangan untuk ditempati pohon Natal. Rifal juga menyarankan ketika membeli pohon Natal, carilah keragaman pohon yang akan mengisi ruang Sahabat Tani. Keragaman pohon Natal di pasaran biasanya juga berdasarkan bentuknya, seperti contohnya pohon natal yang tinggi atau yang lebar.

Baca juga: Mitos Pohon Pule yang dipercaya Masyarakat

“Tentukan warna pohon natal kalau misalnya temanya salju pilih jenis cemara putih karena dia diujungnya ada warna putih jadi kayak salju beneran, nah tapi kalau temanya tradisional bisa pakai cemara grand fir yang warna hijau biasa,” sarannya.

Setelah menentukan warna, Sahabat Tani juga harus memperhatikan estetika dari si pohon Natal tersebut. Perhatikan kerucut dan batang-batangnya. Jika sudah sempurna, baru lah tinggal menyiapkan hiasan untuk ditempelkan ke pohon.

“Nah kalau cara menghiasnya ditancapkan aja ke pot yang besar lalu medianya menggunakan oasis foam atau busa nanti tinggal disesuaikan karena dia kan nggak akan numbuh lagi, lalu habis itu tinggal dihias pakai aksesoris natal yang ada sesuai selera,” jelas Rifal.

Related News